Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Nelayan Juwana Bantah Statemen “Larangan Cantrang Menguntungkan Nelayan”



Reporter:    /  @ 18:45:16  /  5 Februari 2016

    Print       Email
Sukahar menujukkan surat tertulis di depan awak media yang menyanggah pernyataan tentang larangan cantrang menguntungkan nelayan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Sukahar menujukkan surat tertulis di depan awak media yang menyanggah pernyataan tentang larangan cantrang menguntungkan nelayan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Sebuah pernyataan mengejutkan muncul dari Sukahar, Anggota Mitra Nelayan Sejahtera. Dalam statemennya, Sukahar mengatakan bila larangan penggunaan cantrang justru menguntungkan nelayan dengan hasil ikan yang melimpah.

Sontak, statemen yang diterbitkan di berbagai media nasional tersebut memicu konflik di kalangan nelayan bukan hanya di Juwana, tetapi juga nelayan di sepanjang pantura.

Baca juga : Gara-gara Pernyataan Ini, Nelayan Cantrang Vs Pursein di Juwana Nyaris Bentrok

Namun, Sukahar akhirnya mengklarifikasi pernyataan itu dengan membuat surat tertulis di Mapolsek Juwana yang disaksikan Kapolsek Juwana AKP Sumarni dan perwakilan nelayan cantrang.

”Saya hanya mengikuti acara di kementerian dan bertemu dengan Bu Susi. Kita diskusi panjang dan ada beberapa poin yang dibahas. Di situ banyak awak media, kemudian ada yang minta tanda tangan dan nama saya. Tiba-tiba, sebuah pernyataan yang tidak kami harapkan muncul di media,” ungkap Sukahar saat ditemui MuriaNewsCom, Jumat (5/2/2016).

Bahkan, ia menyatakan bila tidak pernah melontarkan statemen dalam bentuk tulisan maupun pernyataan lisan. ”Itu sebetulnya statemen Bu Menteri. Saya ke Jakarta hanya untuk kepentingan nelayan semua dan saya menghormati saudara-saudara nelayan, termasuk yang memakai alat tangkap cantrang,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Nelayan Cantrang Jawa Tengah Hadi Sutrisno sempat tersulut dengan statemen yang dinilai mendiskreditkan nelayan cantrang itu. Ia meminta agar hubungan dan kerukunan antarnelayan bisa terjalin.

”Permasalahannya sudah selesai dengan adanya pernyataan resmi dari Sukahar. Niat baik Sukahar dengan melakukan klarifikasi kami terima. Jangan sampai ada ketegangan antarnelayan lagi,” pungkasnya.

Baca juga :

Pelarangan Penggunaan Alat Tangkap Cantrang , Usaha Baling-baling Kapal di Pati Lesu

Cantrang Dilarang, No Problem! Tak Ada Imbas Besar Bagi Nelayan Jepara

Puluhan Nelayan Cantrang Kelimpungan Bayar Hutang

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →