Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

19 Orang eks Gafatar Ajukan Diri Kembali Jadi Warga Kudus



Reporter:    /  @ 18:19:48  /  5 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Kudus – Satu persatu warga eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar), mengajukan diri untuk bisa kembali menjadi warga Kabupaten Kudus.

Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Kependudukan (Adminduk) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus Ahmad Sofiyan mengatakan, pada Kamis (4/2/2016) kemarin, ada 3 kepala keluarga (KK) yang mengajukan diri ke kantornya.

”Ketiga KK itu jumlah anggotanya adalah 19 jiwa. Rinciannya adalah satu KK terdiri dari 8 anggota, 7 anggota, dan 4 anggota,” jelasnya, Jumat (5/2/2016).

Sofiyan mengatakan, dalam pengajuan itu, mereka dilengkapi dengan surat pindah dari domisili semula. Yakni di Kalimantan Barat (Kalbar). ”Proses kepindahan ini akan sama dengan proses-proses serupa yang kita lakukan sebelumnya. Yakni berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Tata Cara Perpindahan Penduduk dan Catatan Sipil. Semua warga memiliki hak yang sama untuk itu,” tuturnya.

Menurut data yang diterima Disdukcapil dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus, ada 55 warga eks Gafatar yang kembali ke Kudus belum lama ini. Mereka terdiri dari 12 KK.
Dari puluhan warga itu, menurut Sofiyan, baru 3 KK yang resmi mengajukan permohonan untuk kembali menjadi warga Kudus. ”Kalau yang lain, kita belum tahu. Karena yang baru resmi kan, 3 KK tadi, dengan 19 anggota,” jelasnya.

Jika misalnya ada warga eks Gafatar yang belum memiliki surat kepindahan dari domisili semula namun ingin kembali menjadi warga Kudus lagi, Sofiyan mengatakan jika pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.

”Karena ini kan, persoalan nasional ya. Kita memang diperintahkan supaya berkoordinasi dengan pihak terkait, jika memang menemui persoalan-persoalan teknis di lapangan,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →