Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Ini Dia yang Baru di Festival Kartini 2016 Jepara



Reporter:    /  @ 17:20:14  /  5 Februari 2016

    Print       Email
Menteri Desa, Marwan Jafar saat menghadiri pembukaan festival kartini tahun lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Menteri Desa, Marwan Jafar saat menghadiri pembukaan festival kartini tahun lalu. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Dukungan terhadap Festival Kartini IV Tahun 2016 terus mengalir. Kini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan menyatakan dukungannya. Pada even Festival Kartini tersebut, atas persetujuan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akan dicanangkan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M ) Tingkat Nasional dalam Festival Kartini.

Baca juga : Hanung Bramantyo dan Dian Sastro Bakal Hadir di Festival Kartini 2016

Secara nasional, GP3M akan dilakukan untuk kali pertamanya di 20 kabupaten/kota. Ada tiga kriteria yang digunakan untuk mengalokasikan program ini yaitu daerah yang memiliki pejuang atau pegiat perempuan dalam hal pendidikan, keterampilan dan sosial serta daerah yang padat buruh migran dan daerah yag memiliki angka drop out tinggi.

”Jepara masuk daerah yang memiliki pejuang atau pegiat perempuan yaitu RA Kartini,” ujar Ketua panitia Festival Kartini, Hadi Priyanto kepada MuriaNewsCom, Jumat (5/2/2016).

Menurut dia, pencanangan GP3M tersebut dilakukan pada 16 April 2016 yang berkaitan dengan kegiatan seminar nasional yang dilaksanakan pararel dengan Pameran Karya Perempuan. Pameran ini akan diisi juga dengan Jepara Expo, Gelar Kuliner Jepara, Lomba Kreativitas Pengelohan Limbah untuk siswa putri tingkat SMA serta pencanangan GP3M.

”Sementara pada malam harinya akan dilakukan pentas sendratari Tiga Perempuan oleh Sanggar Tari Swargaloka Jakarta yang berkolaborasi dengan seniman Jepara,” imbuhnya.

Selain dukungan dari Anies Baswedan, menurut Hadi, dukungan juga datang dari Komuniitas mahasiswa Jepara yang kuliah di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Mereka menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan Festival Kartini IV Tahun 2016.

Baca juga :

Dana Sponsor di Festival Kartini Disebut Hanya Rp 546 Juta

LPj Festival Kartini Harus Dipublikasikan

Festival Kartini Beri Kesan Mendalam

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →