Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Duh, 19 Desa di Jepara Tak Punya Kades



Reporter:    /  @ 09:16:04  /  5 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sekitar 19 desa di Kabupaten Jepara saat ini tidak memiliki Kepala Desa atau petinggi definitif. Sebab, petinggi mereka telah habis masa jabatannya, sehingga posisi tersebut diisi oleh Carik ataupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan kecamatan setempat.

Kasubag Pemerintahan Desa pada Bagian Tata Pemerintahan Setda Jepara M Taufik mengatakan, nantinya 19 desa yang tidak memiliki petinggi definitif itu akan menggelar pemilihan umum Petinggi (Pilpet) tahun ini secara serentak. Tercatat, total yang akan menyelenggarakannya sekitar 24 desa.

Baca juga : Ini 24 Desa di Jepara yang Akan Gelar Pemilihan Petinggi Serentak

“Desa itu akan ikut dalam Pilpet tahun ini. Sebab masa jabatan petinggi sebelumnya sudah habis sehingga diisi olehPNS, baik Carik maupun dari kecamatan,” kata Taufik kepada MuriaNewsCom.

Lebih lanjut dia mengemukakan, 19 desa tersebut masa jabatan petingginya sudah berakhir pada 2015 lalu dan kini diisi oleh penjabat (pj) petinggi. Sementara dari 24 yang mengikuti Pilpet, dan saat ini masih memiliki petinggi definitif yakni Desa Jambu, Sinanggul, Pekalongan, Bringin dan Pelemkerep.

“Kalau dulu pelaksanaan Pilpet kan tidak serentak. Sekarang diharuskan serentak, jadi menunggu jadwal Pilpet serentaknya. Yang masa jabatannya habis memang diisi oleh Pj petinggi, hal ini demi pelaksanaaan pilpet serentak sesuai dengan amanat UU tentang desa,” lanjutnya.

Dia menambahkan, tahapan Pilpet akan dimulai pada bulan Juli-Agustus 2016 yakni pendaftaran panitia pemilihan petinggi tingkat desa.

Baca juga : Tahapan Pemilihan Petinggi Serentak di Jepara Dimulai Juli hingga Agustus

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →