Loading...
You are here:  Home  >  Infrastruktur  >  Artikel ini

Pungkruk Dianggarkan Rp 1 M Tahun Ini



Reporter:    /  @ 20:16:26  /  4 Februari 2016

    Print       Email
Eksekusi bangunan karaoke Pungkruk pada Oktober 2015 lalu. (MuriaNewsCom/ Wahyu Khoiruz Zaman)

Eksekusi bangunan karaoke Pungkruk pada Oktober 2015 lalu. (MuriaNewsCom/ Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pantai Pungkruk yang berada di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo sampai saat ini kondisinya masih tak jauh berbeda pasca eksekusi bangunan tempat karaoke tahun lalu. Pemkab Jepara tahun ini menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk pembangunan kios kuliner di sana melalui Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Kebersihan (Ciptaruk) setempat.

Baca juga : Korban Pembongkaran Pungkruk Terima Kompensasi Rp 1 Juta 

”Tahun ini sudah dianggarkan Rp 1 miliar untuk membangun kios kuliner. Dana itu dari APBD 2016,” ujar Kepala Dinas Ciptaruk Ashar Ekanto kepada MuriaNewsCom, Kamis (4/2/2016).
Menurutnya, butuh dana besar untuk membangun kawasan Pungkruk sebagaimana dalam rancangan yang sudah dibuat dan dievaluasi sejak tahun lalu. Untuk itu, pembangunan dilakukan secara bertahap. Tidak mungkin rampung dalam satu tahun anggaran.

”Tahun ini kami mendapat anggaran Rp 1 miliar. Prioritasnya untuk membangun kios dan los kuliner,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kios dan los kuliner nantinya direncanakan di lokasi yang berdekatan dengan sejumlah gazebo yang sudah ada. Gazebo tersebut merupakan proyek milik Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) Jepara yang dibangun pada 2012 lalu dari Bantuan Provinsi (Banprov) yang diperuntukan untuk usaha kuliner. Sehingga proyek pembangunan kios dan los kuliner yang baru gabung dengan yang sudah ada.

”Yang jelas, lokasinya berdekatan dengan gazebo yang sudah ada. Letaknya tak akan berada di lahan tepat pinggir pantai. Sebab lokasi tersebut harus steril untuk memastikan pengunjung bisa menikmati pemandangan laut lepas yang menjadi keunggulan pantai Pungkruk,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan, dengan anggaran Rp 1 miliar tersebut,diprediksi bisa membangun puluhan kios dan los kuliner. Terlebih proyek yang dibangun berbentuk satu atap dan tinggal disekat. Pada APBD Perubahan dimungkinkan juga kembali dianggarkan. Sedangkan untuk tahun depan, pihaknya mengajukan Rp 2 miliar guna melengkapi pembangunan kawasan sebagaimana master plan yang telah dibuat sebelumnya.

Baca juga :

Puing-puing Bangunan Karaoke di Pungkruk Bakal Diratakan dengan Tanah

Piye Iki, Rencana Pembangunan Pungkruk Jepara Malah Gak Jelas 

Ini Masalah Baru Soal Pungkruk Jepara

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →