Loading...
You are here:  Home  >  Infrastruktur  >  Artikel ini

Dewan Temukan Kejanggalan pada Konstruksi Jembatan Sampang Pati



Reporter:    /  @ 15:34:20  /  4 Februari 2016

    Print       Email
Ketua Komisi C DPRD Pati Awi meninjau langsung pambangunan jembatan sampang berkonstruksi baja. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ketua Komisi C DPRD Pati Awi meninjau langsung pambangunan jembatan sampang berkonstruksi baja. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Ada yang janggal dari pembangunan jalan Jembatan Sampang yang menghubungkan Desa Purworejo, Kecamatan Pati dan Desa Tondomulyo, Kecamatan Jakenan.

Kejanggalan itu ditemukan Komisi C DPRD Pati saat meninjau lokasi jembatan berkonstruksi baja tersebut. “Menurut saya, ada yang keliru dari pembangunan jalan jembatan ini. Sepengetahuan saya dalam ilmu bangunan, teknik pengecoran horizontal tidak boleh putus,” ujar Ketua Komisi C DPRD Pati Awi kepada MuriaNewsCom, Kamis (4/2/2016).

Pasalnya, teknik pengecoran jalan jembatan dengan sistem putus tengah dinilai berpotensi rawan ambrol jika terjadi pergeseran tanah atau bencana alam lainnya. Karena itu, ia menilai mestinya pengecoran jalan pada jembatan mestinya langsung jadi satu dan tidak ada sambungan.

“Kalau pengecoran lantai pada jembatan itu menggunakan model putus tengah, biasanya rawan putus kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti pergeseran tanah, gempa atau bencana alam lainnya,” tambahnya.

Ia mengatakan, teknik pengecoran model putus boleh saja asal tepat berada pada tiang utama. “Ini pengecoran jalan di atas jembatan, bukan di atas tanah sehingga mesti hati-hati dalam merumuskan konstruksi,” pungkasnya.

Baca Juga : Bupati Pati Minta Pengerjaan Proyek Jembatan Sampang Dikebut

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →