Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Ahmad Marzuki dan Sederet Nama Pemimpin Jepara Usai Indonesia Merdeka



Reporter:    /  @ 15:26:49  /  4 Februari 2016

    Print       Email
Pengukir Jepara di zaman kolonial (ISTIMEWA)

Pengukir Jepara di zaman kolonial (ISTIMEWA)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Pada tahun 1905, kepemimpinan Jepara dipegang oleh RMAA Kusoemo Oetoyo dan tahun 1927 digantikan oleh Soekahar hingga jatuhnya Jepara ke tangan Jepang tahun 1942. Oleh Jepang, Soekahar diganti oleh RMAA Kusoemo Oetoyo yang menjabat hingga era pemerintahan Republik Indonesia.

Seperti dikutip dari buku “Legenda Jepara” karya Hadi Priyanto, pada tahun 1950, RMAA Kusoemo Oetoyo digantikan oleh R.Sayoto Sastro Wardoyo dan tahun 1954 diganti oleh R.Sutarjo. Pada tahun  1957 ia digantikan oleh H.Sahlan Ridwan yang berasal dari kalangan politisi.

Kemudian, tahun 1961 diganti oleh R.Sunarto yang berasal dari pamong praja. Kemudian digantikan H.Zubaidi Ali sebagai YMT Bupati Jepara hingga tahun 1967. Sebagai penggantinya diangkat Muhadi sebagai bupati definitif, dia berasal dari korps kejaksaan.

Pada tahun 1973, ia diganti oleh Soewarno Djojo Mardowo, yang berasal dari korps kehakiman dan tahun 1976 diganti oleh Soedikto. Ia kemudian diganti oleh Hisom Prasetyo pada tahun 1981. Ia menjabat dua periode hingga 1991. Kemudian diganti oleh Bambang Poerwadi hingga tahun 1996. Dia meninggal ketika memasuki jabatan yang kedua. Selanjutnya, kekosongan bupati diisi oleh Soeyono yang menjabat sebagai pembantu gubernur untuk wilayah Pati. Setelah itu, pada 1997 diangkat bupati definitif Soenarto yang semula menjabat sebagai Sekda Jepara hingga tahun 2001.

Dia kemudian digantikan oleh Hendro Martojo, yang menjabat dua periode hingga tahun 2012. Berikutnya, tahun 2012 pemimpin Jepara dijabatAhmad Marzuqi sampai saat ini.

Editor : Kholistiono

Baca Juga : Ini Penerus Ratu Kalinyamat Hingga Zaman Kemerdekaan

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →