Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Tahukah Kamu? Siapa Penguasa Jepara Pertama Kali



Reporter:    /  @ 14:18:18  /  4 Februari 2016

    Print       Email
Lukisan Ratu Kalinyamat di Kantor Setda Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Lukisan Ratu Kalinyamat di Kantor Setda Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Asal muasal nama Jepara dikenal sebagai Jungpara. Ya, nama Jungpara baru dikenal sekitar pada abad XV. Tahukah kamu, siapa saja pemimpin masa lalu wilayah yang saat ini dikenal sebagai Kota Ukir dan Bumi Kartini ini.

Berikut MuriaNewsCom merangkumnya seperti yang dikutip dari buku Legenda Jepara yang ditulis Hadi Priyanto.

Dalam catatan perjalanan Tome Pire ke pulau Jawa yang ditulis pada tahun 1470 Masehi, dahulu Jungpara adalah sebuah bandar perdagangan yang kecil di ujung utara Jawa. Awalnya, wilayah ini dihuni 90-100 orang saja dan dipimpin oleh Aryo Timur. Saat itu, daerah ini berada dibawah pemerintahan Demak.

Setelah Aryo Timur wafat, kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Pati Unus (1507-1521) yang waktu berkuasa masih sangat muda. Pati Unus mencoba untuk meneruskan apa yang telah dirintis oleh ayahnya dalam membangun Jepara menjadi kota niaga.

Setelah Pati Unus wafat, digantikan oleh iparnya, yaitu  Faletehan atau Fatahillah yang berkuasa pada 1521-1536 Masehi. Sampai sekarang, nama Faletehan belum terungkap. Hanya dikatakan bahwa ia memperistri adik Pati Unus.

Sepeninggal Faletehan, Jepara dipimpin oleh Sultan Hadirin, suami Ratu Retno Kencana, anak ketiga dari Sultan Trenggono dari Demak. Namun, Sultan Hadirin hanya berkuasa sekitar 22 tahun, sebab adanya kemelut yang terjadi di Kasultanan Demak, ia akhirnya dibunuh oleh pasukan Arya Penangsang.

Setelah Sultan Hadirin meninggal pada 1549 masehi,ia digantikan oleh istrinya Ratu Retno Kencono yang kemudian lebih dikenal sebagai Ratu Kalinyamat. Pada zaman ini, Jepara berkembang dan mencapai puncak kejayaannya. Waktu itu, Jepara menjadi bandar perdagangan terbesar di pesisir utara Jawa dan memiliki armada perang yang sangat kuat. Ratu Kalinyamat meninggal pada 1579 Masehi, setelah 30 tahun berkuasa di Jepara.

Editor : Kholistiono

Baca juga : Legenda Joko Tarub Ada di Balik Sejarah Mbelik

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →