Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Piring Kuno Dinasti Ming Bergambar Naga Biru Ditemukan Petani saat Mencangkul di Sawah Banjarejo Grobogan



Reporter:    /  @ 09:21:32  /  4 Februari 2016

    Print       Email
piring-kunoa-dinasti-ming

Karman memperlihatkan benda bersejarah yang berhasil ditemukan pada Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Tambah lagi benda kuno yang muncul dari bumi Medang Kamulan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan. Penemuan terbaru berupa piring kuno yang terbuat dari bahan keramik. Diperkirakan, piring seberat sekitar 2 kilogram itu merupakan barang peninggalan Dinasti Ming yang berkuasa dari abad XIII hingga XVI.

“Piring kuno itu ditemukan 26 Januari lalu. Tetapi baru diperlihatkan pada saya oleh penemunya beberapa hari lalu,” kata Kades Banjarejo Ahmad Taufik.

Piring kuno tersebut berbentuk bulat itu diameternya 40 cm. Motif utamanya cukup indah, yakni sepasang gambar naga berwarna biru. Di bagian tengah ada gambar lingkaran mirip bentuk cakra yang juga berwarna biru.

Melihat ukurannya yang cukup besar, piring kuno itu kemungkinan bukan digunakan untuk tempat makan. Tetapi buat menaruh lauk atau buah-buahan atau hidangan lainnya.

Pemilik piring itu dulunya besar kemungkinan adalah kalangan penguasa. Hal ini dilihat dengan adanya motif naga dalam piring tersebut. Konon kabarnya, barang-barang kuno bermotif naga itu hanya dimiliki oleh kalangan atas, khususnya para raja atau bawahannya.

“Konon kabarnya seperti itu dan hal ini masuk akal juga. Soalnya, kalau rakyat biasa kecil kemungkinan bisa memiliki piring yang harganya saat itu pasti sangat mahal. Bisa jadi, piring ini dulunya merupakan barang hadiah buat penguasa yang hidup di Banjarejo pada masa lalu,” jelas Taufik.

Menurut Taufik, piring kuno itu ditemukan oleh Karman, warga yang tinggal di Dusun Medang. Penemuan piring terjadi pada sore hari saat pria 54 tahun itu sedang mencangkul di sawah. Beruntung, piring kuno itu tidak pecah meski sempat tersenggol cangkul.

Selain piring, ternyata ada satu benda lagi yang ditemukan dalam lokasi berbeda. Yakni, sebuah bagian arca berbentuk kepala sosok penguasa atau dewa yang dipuja pada masa itu.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →