Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Petani Pati Sukses Panen Padi Mentik Wangi Organik 9,7 Ton



Reporter:    /  @ 19:28:03  /  3 Februari 2016

    Print       Email
Bupati Pati Haryanto ikut panen raya padi mentik wangi. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Bupati Pati Haryanto ikut panen raya padi mentik wangi. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Beras mentik wangi konon dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dan cocok dikonsumsi penderita diabetes. Tak hanya itu, mentik wangi juga dipercaya mengandung segudang khasiat ketimbang beras pada umumnya.

Hal itu yang membuat petani yang tergabung dalam petani Mustika di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo semangat untuk menanam padi varietas mentik wangi dan berhasil memanen hingga 9,7 ton per hektare.

Ketua Kelompok Tani Mustika Suroto mengatakan, padi varietas mentik wangi yang dipanen hasil dari penanaman dengan model system of rice intensification (SRI). Dengan penanaman model SRI, mereka mengaku bisa lebih hemat air dan hemat benih, tetapi hasil panen justru melimpah.

”Kalau sistem konvensional, petani biasanya menanam bibit padi dari beberapa bulir. Beda dengan model SRI, satu bulir padi bisa tumbuh menjadi tanaman besar dengan hasil melimpah. Di daerah yang minim air, penanaman padi model SRI sangat cocok diaplikasikan,” kata Suroto kepada MuriaNewsCom, Rabu (3/2/2016).

Tak hanya itu, Suroto mengaku bila kelompoknya itu menanam dengan cara organik, tanpa pupuk dan pestisida berbahan kimia. Karena itu, ia berharap agar kerja keras kelompok taninya untuk menanam padi organik dengan sistem SRI mendapat perhatian pemerintah.

”Tidak mudah menanam padi tanpa pupuk dan pestisida di tengah-tengah pertanian yang serba menggunakan bahan kimia. Butuh penyesuaian dan proses yang cukup lama, butuh kesabaran dan ketelitian. Alhamdulillah, hari ini kami bisa panen 9,7 ton per hektare,” harapnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →