Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Banyak yang Pensiun, Jepara Makin Kekurangan Guru PNS



Reporter:    /  @ 18:25:50  /  3 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Jepara – Tahun ini Pemerintah Kabupaten Jepara memastikan sebanyak 284 pegawai negeri sipil (PNS) telah memasuki masa pensiun, termasuk diantaranya adalah guru. Kondisi ini membuat Kabupaten Jepara semakin kekurangan guru PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara Abdul Syukur mengemukakan, sampai saat ini Kabupaten Jepara masih kekurangan guru PNS sekitar 1.477 orang. Jumlah tersebut terbilang sangat tinggi, sehingga dampaknya sebagian sekolah negeri kekurangan guru PNS.

“Saat ini banyak sekolah negeri terutama di tingkat sekolah dasar (SD) yang hanya memiliki tiga guru PNS. Sehingga, proses belajar mengajarmenjadi kurang maksimal,” ujar Syukur kepada MuriaNewsCom.

Menurut Syukur, dengan kekurangan guru PNS tersebut, sejumlah sekolah mengatasinya dengan cara mengangkat guru tidak tetap (GTT). Meski begitu, pengangkatan GTT tersebut untuk saat ini ada pembatasan dari pemerintah, tidak bisa bebas seperti dulu.

“Selain guru, di Kabupaten Jepara juga kekurangan tenaga kesehatan. Di antaranya dokter 15 orang, perawat yang kurang 11 orang dan bidan 51 orang,” katanya.

Dia menambahkan, untuk PNS bidang staf pemerintah juga terjadi kekurangan. Pihaknya mencatat kekurangan sekitar 817 orang dibagian staf. Sehingga total kekurangan PNS di Kabupaten Jepara mencapai 2.492 orang.

Editor : Kholistiono 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →