Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Perpanjangan Pajak Kendaraan di Grobogan Kini Lebih Mudah



Reporter:    /  @ 12:56:26  /  3 Februari 2016

    Print       Email
Sejumlah wajib pajak sedang mengurus pajak kendaraan tahunan di loket khusus yang disediakan Samsat Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Sejumlah wajib pajak sedang mengurus pajak kendaraan tahunan di loket khusus yang disediakan Samsat Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Guna meningkatkan pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor, Samsat Grobogan meluncurkan dua layanan untuk wajib pajak.

Yang pertama, adalah membuka pelayanan untuk perpanjangan pajak kendaraan tahunan di Kecamatan wirosari. Program ini mulai diberlakukan November 2015 lalu.

“Untuk sementara, pelayanan pajak kendaraan tahunan yang di kecamatan baru ada di Wirosari. Sebelumnya, pembayaran pajak di Wirosari dilayani melalui layanan samsat keliling tiap hari Senin dan Kamis. Kalau sekarang, pelayanan dilakukan di kantor kecamatan yang berada di tempat pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten),” ungkap Kepala UP3AD/Samsat Grobogan Sunarni.

Ada beberapa alasan dipilihnya Kecamatan Wirosari untuk program Paten tersebut. Antara lain, obyek pajak dinilai cukup potensial. Rata-rata per hari berkisar 100 wajib pajak yang mengurus pajak kendaraan.

Untuk melayani wajib pajak di Wirosari, ada petugas khusus dari UP3AD/Samsat Grobogan yang ditempatkan. Pelayanan pembayaran pajak dilakukan Senin sampai Kamis, mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

“Pelayanan di Wirosari khusus untuk pembayaran pajak tahunan atau lebih dikenal dengan istilah perpanjangan STNK. Kalau untuk pelayanan ganti STNK dan plat nomor harus dilakukan di samsat induk,” jelasnya.

Program kedua yang diluncurkan mulai 1 Februari kemarin adalah membuat loket khusus untuk pelayanan pajak tahunan di Kantor Samsat Grobogan. Loket khusus ini disiapkan guna mempercepat pelayanan.

Yakni wajib pajak hanya butuh waktu sekitar 10 menit ketika mengurus perpanjangan pajak kendaraan tahunan (perpanjangan STNK).

Dengan adanya loket khusus ini pelayanan buat wajib pajak akan terpisah. Loket satu khusus untuk pelayanan pajak tahunan dan loket kedua untuk pajak lima tahunan (ganti STNK).  Sebelumnya, pelayanan pajak tahunan maupun lima tahunan jadi satu loket.

“Apa yang kita lakukan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang cepat pada wajib pajak. Bagi wajib pajak, sekarang ini juga sudah bisa membayar pajak kendaraan satu bulan sebelum masa jatuh tempo,” imbuhnya.

Di samping itu, untuk memberikan kenyamanan, beberapa fasilitas buat wajib pajak juga disediakan di lingkup Samsat Grobogan. Antara lain, ruang menyusui, taman bermain dan tempat charge ponsel.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →