Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Bupati Minta Kades di Pati Gunakan Dana Desa Sesuai Aturan dan Transparan



Reporter:    /  @ 18:00:56  /  2 Februari 2016

    Print       Email
Kepala Bapermades Pati Mochtar memberikan sosialisasi ADD di Aula Pasar Unggulan Pati, Selasa (2/1/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kepala Bapermades Pati Mochtar memberikan sosialisasi ADD di Aula Pasar Unggulan Pati, Selasa (2/1/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto meminta seluruh kepala desa (kades) di Pati untuk menggunakan dana desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk kepentingan pemberdayaan dan ekonomi produktif secara transparan.

Hal itu disampaikan Haryanto, usai memberikan sambutan pada agenda sosialisasi ADD Kabupaten Pati 2016 di Aula Pasar Unggulan, Selasa (2/1/2016).

“Sosialisasi penting dilakukan agar penggunaan anggaran bisa transparan dan digunakan sesuai dengan aturan. Dengan begitu, penerapan anggaran tidak salah penggunaan, tapi bisa tepat sasaran, tepat mutu dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Haryanto kepada MuriaNewsCom.

Dalam sosialisasi tersebut, ratusan kades diberikan materi perencanaan sampai penggunaan anggaran. Mereka juga diajarkan teknis pelaksanaan anggaran supaya tidak ada penyimpangan yang pada akhirnya bisa dirasakan masyarakat seutuhnya.

Haryanto juga kembali menekankan agar dana desa tidak semata-mata digunakan untuk infrastruktur saja, tetapi juga pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekononomi produktif yang diwadahi dalam Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kita sudah instruksikan kepada kades di seluruh Pati untuk segera membentuk BUMDes. Hal itu untuk mengelola aset-aset desa maupun usaha milik desa, termasuk menjadi wadah pemberdayaan dan ekonomi produktif hasil penggunaan dana desa,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →