Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Akibat Penjarahan Kayu, Kerusakan Hutan di Kawasan Donorojo Jepara Capai 70 Hektare



Reporter:    /  @ 16:22:01  /  2 Februari 2016

    Print       Email
(ISTIMEWA)

(ISTIMEWA)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Aksi pencurian kayu di kawasan hutan milik Perhutani di wilayah Kecamatan Donorojo, Jepara kian marak. Bahkan, dari data Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Duren Tumpang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gajah Biru Desa Bandungharjo, Donorojo, total kerusakan hutan di wilayahnya akibat pencurian kayu itu mencapai 70 hektare.

“Akibat pencurian kayu itu, sekitar 70 hektare lahan menjadi rusak,” kata  Pejabat Asisten Perhutani (Asper) BKPH Gajah Biru Aji Suyantosaat dihubungi MuriaNewsCom, Selasa (2/2/2016).

Menurutnya, hingga saat ini, tingkat kerawanan pencurian kayu masih tinggi. Jika tidak segera diantisipasi ditakutkan akan merambah ke wilayah KRPH lain. Kerugian yang saat ini dialami saja ditaksir mencapai miliaran rupiah.

”Banyaknya kasus pencurian ini memang membuat petugas kewalahan. Personel sedikit, sedangkan pencuri ada banyak orang,” katanya.

Dia mengemukakan, personel yang bertugas di KRPH Duren Tumpang hanya ada empat petugas. Sedangkaninformasi yang diterima dari masyarakat setempat, para pencuri berjumlah ratusan.

Sebab, mereka biasanya berkelompok. Setiap kelompoknya, antara 13 hingga 25 orang sekali masuk hutan.”Upaya yang telah kami lakukan selama ini ya minta bantuan ke Polmob Perhutani KPH Pati dan berkoordinasi dengan pihak Polsek Donorojo, Kades Bandungharjo dan LMDH setempat,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →