Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

LSM Peduli Jepara Lapor Pelanggaran Pendidikan ke Dewan



Reporter:    /  @ 18:50:31  /  1 Februari 2016

    Print       Email
Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Jepara – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Jepara melaporkan dugaan pelanggaran bidang pendidikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara. Di antaranya terkait dengan pungutan liar hingga soal fasilitas.

Salah satu perwakilan LSM Peduli Jepara Barreta Simanjuntak mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih mendapati banyak keluhan dari wali murid soal pungutan. Padahal sebagaimana amanat aturan yang ada, sudah tidak diperbolehkan lagi adanya pungutan liar di tingkat pendidikan.

”Selain itu, selama tiga tahun ini di Dana Alokasi Khusus (DAK) terdapat bantuan laboratorium bahasa di sejumlah sekolah. Akan tetapi, kenyataannya banyak sekolah yang belum memiliki gedung laboratorium,” ujar Simanjuntak, Senin (1/2/2016).

Menurut dia, seharusnya dalam memberikan bantuan semisal laboratorium bahasa, jangan dipaksakan, harus dilihat terlebih dahulu kesiapan fasilitas di sekolah. Hal itu penting agar pemberian bantuan itu pun tepat sasaran.

Dalam kesempatan itu pula, LSM Peduli Jepara banyak menyoroti soal besarnya tarikan di SMPN 2 Jepara. menurut Simanjutak, selama tiga tahun bersekolah di SMP itu, iuran wali murid sekitar Rp 3 juta.

”Di dalam anggaran itu ada untuk perawatan AC dan perawatan mobil komite. Hal-hal seperti ini yang harus ditiadakan dan jangan sampai dibebankan kepada wali murid,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Jepara Sunarto menyatakan, komisi C DPRD Jepara sudah sebenarnya sudah melakukan banyak upaya untuk melarang adanya pungutan khususnya di SD dan SMP. Termasuk meminta kepada Disdikpora untuk menerbitkan edaran larangan pungutan.

”Upaya sudah dilakukan, akan tetapi, nyatanya di lapangan memang belum maksimal,” kata Sunarto.

Editor : Titis Ayu Winarni

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →