Sabu Temuan BNN di Jepara Berkualitas Tinggi

Sabu Kualitas tinggi (e)

Sejumlah barang bukti yang ditunjukkan BNN saat jumpa pers di gudang penyimpanan ratusan kilogram sabu. (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Siapa sangka kota kecil Jepara menjadi salah satu tempat penyimpanan narkoba jenis sabu dengan jumlah yang sangat besar dan berjaringan internasional. Tak hanya itu saja, sabu temuan Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama pihak terkait di Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Jepara berkualitas tinggi.

Kepala BNN Republik Indonesia Komjen Budi Waseso menyebut, kualitas sabu yang ditemukan di Jepara berkualitas nomor satu. ”Ya, kualitasnya tinggi dan nyaris murni,” kata Budi Waseso saat konferensi Pers, Kamis (28/1/2016) kemarin.

Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin menjelaskan lebih detail berkait dengan kualitas sabu yang ditemukan oleh BNN dan pihak terkait di Kota Ukir itu. Menurutnya, dengan angka 98 persen, tentu saja kualitas sabu itu mendekati murni.

”Bentuk sabu temuan BNN di gudang mebel itu masih berbentuk seperti kristal, bukan serbuk yang biasa ditemukan polisi saat razia,” ujar Samsu kepada MuriaNewsCom, Sabtu (30/1/2016).

Menurutnya, sabu yang biasa ditemukan pihak kepolisian Polres Jepara dalam ukuran yang sangat kecil sekitar 0,5 gram saja. Selain itu, bentuknya pun dalam bentuk serbuk dan kadar sabunya tidak nomor satu.

”Ada kemungkinan jika sabu yang beredar di Jepara selama ini yang kami temui sudah dicampur. Artinya, kadarnya sedikit, tidak sampai seperti yang ditemukan oleh BNN kemarin,” ungkapnya.

Mengenai harga, untuk sabu yang berkualitas nomor satu seperti yang disebutkan oleh Komjen Budi Waseso bisa mencapai Rp 2 juta per-gram. Sehingga jika temuan BNN ratusan kilogram tersebut dirupiahkan bisa mencapai ratusan miliar.

Editor : Titis Ayu Winarni