Dinas Pasar Bakal Renovasi Sejumlah Pasar di Jepara

Ilustrasi

Ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Jepara – Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar bakal melakukan renovasi sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Jepara. Meski bukan Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani masalah pembangunan fisik pasar, pihaknya telah menganggarkan sejumlah dana untuk renovasi.

”Sebagaimana tugas pokok kami, kami memiliki wewenang untuk melakukan renovasi dalam skala kecil. Misalnya perbaikan dinding, atap dan beberapa bagian bangunan yang dirasa telah rusak. Termasuk melakukan pengecatan,” ujar Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Jepara, Dwi Riyanto kepada MuriaNewsCom.

Menurut dia, secara khusus pihaknya sengaja menganggarkan sejumlah dana untuk renovasi tersebut di tahun 2016 ini. Meski enggan menyebut nominalnya, pihaknya menyatakan telah menginventarisir pasar mana saja yang rusak dan akan direnovasi.

”Salah satu pasar yang bakal kami renovasi adalah pasar Bangsri. Sebab, pasar Bangsri merupakan salah satu pasar yang ramai di Jepara,” ungkapnya.

Dia juga mengemukakan, hampir semua kondisi pasar tradisional di Jepara sama. Selain ada kerusakan ringan dan sedang di sejumlah sisi, area pasar hampir tak lagi mencukupi untuk menampung pedagang. Hanya saja, tidak mungkin merencanakan perbaikan secara serentak. Sehingga perlu dibuat skala prioritas.

Hasil pantauannya, terjadi banyak kerusakan di sejumlah bagian pasar. Hal ini lantaran cuaca yang sudah mulai ekstrem.
”Saat ini kami terus melakukan pendataan kerusakan di semua pasar tradisional. Saat anggaran sudah ada, perbaikan bisa langsung kami lakukan,” katanya.

Editor : Titis Ayu Winarni