8 Tersangka Narkoba Jaringan Pakistan Terancam Hukuman Mati

Dua tersangka narkoba jaringan internasional yang berhasil diamankan di Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Dua tersangka narkoba jaringan internasional yang berhasil diamankan di Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Kasus narkoba jenis sabu jaringan internasional yang dikendalikan dari Pakistan dan barang bersumber dari Cina, terbongkar di gudang mebel di Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Jepara, Rabu (27/1/2016).

Dari kasus tersebut, dua orang yang berada di Jepara ditetapkan sebagai tersangka yang sekaligus menggenapi enam tersangka lain hasil operasi di Jakarta, Semarang dan Surabaya.

Total tersangka secara keseluruhan dalam satu jaringan ini ada delapan. Terdiri dari empat warga Negara Pakistan yakni Faiq, Amran Malik, Toriq, dan Raiz. Sedangkan empat lainnya merupakan Warga Negara Indonesia yakni Yulian, Tommy, Kristiadi dan Didit. Untuk tersangka yang ditangkap di Jepara adalah Raiz dan Didit.

Semuanya dikenakan pasal 112, 114, dan 122 Undang-undang Narkotika Nomor 35 tahun 2009 serta Undang-undang TPPU dengan ancaman hukuman paling rendah empat tahun dan maksimal hukuman mati.

“Kalau tersangka jelas, ancaman hukuman terberat adalah hukuman mati,” kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia Komjen Pol Budi Waseso saat konferensi pers di gudang penyimpanan sabu di Jepara, Kamis (28/1/2016).

Menurutnya, pengungkapan jaringan internasional ini berawal dari penyelidikan selama enam bulan terhadap informasi adanya upaya penyelundupan narkoba dari Guangzho, China ke Indonesia oleh sindikat Pakistan.

Khusus di Jepara, aksi tersebut dikoordinir oleh tersangka Riaz asal Pakistan yang sudah beberapa tahun tinggal di Indonesia, dan juga memiliki istri berkewarganegaraan indonesia.

“Sindikat ini diduga dibiayai oleh seorang berinisial KM warga Negara Pakistan yang terlibat dalam kasus TPPU kejahatan narkoba dengan tersangka BOB (warga Negara Nigeria) yang tertangkap di Jakarta. Sedangkan pengendali adalah NSZ yang berasal dari Karachi, Pakistan.

Editor : Kholistiono

Satu gagasan untuk “8 Tersangka Narkoba Jaringan Pakistan Terancam Hukuman Mati

  1. Ping-balik: Ternyata Tersangka Didit Penyewa Gudang yang Digerebek BNN di Jepara Adalah Ketua RT Desa Setempat | Muria News

Komentar ditutup.