Berikut Kronologi Ratusan Kilogram Sabu Sampai di Jepara

Sejumlah kotak kardus berisi genset dan sejumlah barang mebel yang berada di dalam gudang penyimpanan ratusan kilogram sabu. (MuriaNewsCom/ Wahyu Khoiruz Zaman)

Sejumlah kotak kardus berisi genset dan sejumlah barang mebel yang berada di dalam gudang penyimpanan ratusan kilogram sabu. (MuriaNewsCom/ Wahyu Khoiruz Zaman)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Dalam acara konferensi Pers di gudang mebel yang menyimpan ratusan kilogram narkoba jenis sabu, pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama tim dari bea cukai kementerian keuangan membeberkan rentetan kronologi diketahuinya kasus tersebut hingga sampai di Jepara.

Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengungkapkan, sekitar akhir Desember 2015, pihak BNN memberikan informasi awal kepada bea cukai akan terjadi pengiriman narkoba yang diselundupkan di dalam barang impor (dengan kemungkinan berupa gasoline engine, agriculture machinery atau diesel angine) dari Cina ke Indonesia dengan pelabuhan bongkar Tanjung Emas Semarang.

”Berdasar informasi itu, pihak BNN berkoordinasi dengan Subdit Narkotika Dit.P2 KP DJBC dan Bea Cukai Kanwil Jateng-DIY,” kata Heru, Kamis (28/1/2016).

Pada tanggal 04 Januari 2016, tim dari Subdit Narkotika Dit P2 KP DJBC dan BNN mulai melakukan penelusuran. Kemudian pada 14 Januari 2016 dilakukan pemantauan proses penyelesaian kepabeanannya suspect barang impor tersebut. Pada 20 Januari 2016 sekitar pukul 13.30 WIB, peti barang suspect dikeluarkan dari kawasan pabean dan dibongkar di gudang MSA Cargo yang berada di komplek Industri Citra Blok 9 Jalan Arteri Tanjung Emas Semarang, setelah dilakukan pemeriksaan x-ray.

”Pada tanggal 26 Januari 2016 sekitar pukul 11.00 WIB dilakukan pengeluaran barang dengan menggunakan dua truk dari gudang MSA Cargo ke sebuah gudang furniture di daerah Jepara,” lanjutnya.

Kemudian, pada 27 Januari 2015 sekitar pukul 13.00 WIB dilakukan penindakan oleh BNN dan Bea Cukai di Tempat kejadian Perkara yakni di gudang mebel di Desa Pekalongan, Kecamatan Batealit, Jepara.

”Dari data yang kami miliki, importer barang tersebut adalah CV BT, yang beralamat di Semarang Indah Blok D1 No.29 Semarang. Sedangkan pemasok atau Shipper adalah Shen Zhen Yang Feng Industrial Co.,Ltd., yang beralamat di South Bidgluofang Road Cina,” imbuhnya.

Editor : Titis Ayu Winarni

Satu gagasan untuk “Berikut Kronologi Ratusan Kilogram Sabu Sampai di Jepara

  1. Ping-balik: 8 Tersangka Narkoba Jaringan Pakistan Terancam Hukuman Mati | Muria News

Komentar ditutup.