Disantet, Bambu Kuning dan Doa Dipercaya Bisa Mengatasinya

Tanaman bambu kuning di salah satu rumah warga di Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Tanaman bambu kuning di salah satu rumah warga di Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Siapa sangka, bambu kuning yang sering ditanam oleh seseorang di depan rumahnya, ternyata bukan tanpa alasan, lho.

Sebab pohon yag tidak mempunyai cabang dan berwarna kuning tersebut diyakini sejumlah kalangan, sebagai alat ampuh untuk menangkal guna guna dari orang jahat.

Salah satu warga Desa Jepang RT 1 RW 6, Dwi Achmad Rifai yang banyak menanam bambu kuning mengatakan, tanaman ini memang banyak digunakan seseorang yang percaya, jika bambu kuning mampu menangkal ilmu jahat. Baik itu guna guna (pelet), santet atau bakan yang lain.

“Sekitar 1990, bambu ini sangat moncer (terkenal,red). Sebab di tahun itu mitosnya ada serangan ninja. Sehinga secara otomatis warga menyerbu untuk memiliki tananan ini dan ditanam di halaman rumah,” kata Rifai.

Dia sendiri tidak tahu kenapa warga mempercayai hal itu. “Saya juga tidak begitu tahu persis, warga kok beranggapan bambu kuning ini bisa menangkal ilmu hitam. Apakah warga itu diberitahu oleh keluarganya terdahulu atau juga guru spiritualnya, saya tidak jelas, “ ungkapnya.

Meski demikian, dia tetap meyakini, segala hal bisa diselesaikan dengan doa dan ikhtiar. “Jangan hanya mengandalkan alat tertentu saja,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami