Kudus Kewalahan Penuhi Kebutuhan Daging Sapi dan Kerbau

Pedagang daging memerhatikan barang dagangannya di salah satu sudut Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pedagang daging memerhatikan barang dagangannya di salah satu sudut Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Kebutuhan daging jenis sapi dan kerbau di Kudus, termasuk tinggi. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan daging tersebut, sampai mendatangkan daging dari luar Kudus.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kudus Sakdiyah mengatakan, kebutuhan daging jenis kerbau dan sapi yakni tiga ton per hari.

“Rata-rata kebutuhan daging di Kudus tiga ton. Dari jumlah itu, baru 1,5 ton yang dipenuhi dari Kudus. Sedangkan sisanya dipasok dari luar Kudus,” kata Sakdiyah, kepada MuriaNewsCom.

Sedangkan sebagian kebutuhan daging di Kudus, dipasok dari Pati dan Boyolali. Kedua daerah itu termasuk pemasok daging dengan populasi yang banyak.

Meski mendatangkan pasokan daging dari luar Kudus. Pemkab menjamin kondisi daging aman. Sebab daging yang didatangkan merupakan daging yang segar.

Dia menambahkan, masyarakat sekarang juga harus lebih jeli memilih daging yang segar. Sehingga tidak mudah tertipu daging yang tidak segar.

“Kalau kebanyakan pembeli daging sapi dibuat bakso, dan kebanyakan pembeli sudah memiliki langganan sehingga tidak dibodohi,” ujarnya.
Editor : Akrom Hazami