Oknum TNI Blora Miliki Sumur Tua Ilegal

Sumur tua yang dikelola secara ilegal mulai dibersihkan (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Sumur tua yang dikelola secara ilegal mulai dibersihkan (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

MuriaNewsCom, Blora – Keberadaan sumur tua yang sebelumnya telah disidak dan diperingatkan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Blora ternyata ada satu milik oknum TNI.
Menurut Kepala Bidang pertambangan dan Migas Teguh Wiyono melalui Kepala Seksi Pertambangan dan Migas Djati Walujastono mengatakan, sebelumnya dari keterangan yang diperoleh sumur tersebut milik Purmin. “Pada kenyatannya ada satu sumur milik salah satu oknum TNI,” katanya (21/01/2016).

Djati juga mengatakan, bahwa pihaknya telah menemui pemilik sumur tua yang juga anggota TNI yang bertugas di salah satu Koramil di Blora itu. Dia menjelaskan perihal larangan penambangan secara ilegal, selain itu juga masih masa eksplorasi oleh Pertamina.

Dari penjelasan Djati, bahwa beberapa sumur tua selama ini yang masih beroperasi merupakan sumur yang dikelola secara ilegal, telah diperingatkan secara bertahap sebanyak dua kali.

Sementara, Perwira seksi Intel (Pasi Intel) Kodim 0721 Blora Kapt Inf Suahmad mengamini adanya anggota TNI yang terlibat dalam penambangan liar sumur tua. Kasus tersebut, lanjutnya, masih diselidiki lebih dalam. “Ya, namanya Suparno anggota Koramil Japah,” ujarnya.

Suahmad mengungkapkan, bahwa anggota TNI yang terlibat pengelolaan ilegal sumur tua akan dipanggil dan diberi arahan. Dia juga menjelaskan dengan arahan agar anggota TNI tersebut tidak semakin berada pada jalur kesalahan. “Sipil aja kena sanksi, apalagi aparat? Lebih kena,” tuturnya.
Editor : Akrom Hazami