Polres Pati Bekuk Komplotan Penipu Juragan Beras

Kasubbag Humas Polres Pati AKP Sri Sutati saat menginterogasi empat pelaku penipuan di ruang tahanan Mapolres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kasubbag Humas Polres Pati AKP Sri Sutati saat menginterogasi empat pelaku penipuan di ruang tahanan Mapolres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Jajaran Polres Pati berhasil membekuk empat komplotan penipu asal Jawa Timur. Masing-masing berisial CS (51), S (30) dan ETS (61) yang merupakan warga asal Kabupaten Malang dan CNH (47), warga asal Surabaya.

Keempat orang ini dibekuk polisi, setelah melakukan penipuan terhadap juragan beras bernama Eny Jamilah yang merupakan warga asal Kabupaten Sragen dengan total beras 8 ton senilai Rp 69,45 juta.

“Keempatnya saat ini sudah kami tangkap dan sudah ada di tahanan Mapolres Pati. Mereka semua berasal dari Jawa Timur dan melakukan tindak kejahatan di gudang beras Noor Jaya, Desa Rogomulyo, Kecamatan Kayen, Pati,” ujar Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho melalui Kasubbag Humas Polres Pati AKP Sri Sutati kepada MuriaNewsCom, Rabu (20/1/2016).

Ia mengatakan, modus keempat pelaku bertindak sebagai makelar. Mereka memesan kepada juragan beras bernama Eny Jamilah dari Sragen untuk mengirimkan 8,5 ton beras ke gudang beras Noor Jaya di Kayen, Pati.

“Setelah pihak Noor Jaya membayar 8 ton beras seharga Rp 69,45 juta kepada salah satu pelaku, sopir juragan beras diminta untuk menyetorkan sisa beras 5 kwintal ke Pasar Kayen. Namun, pelaku bersama komplotan lainnya kabur ke Jawa Timur dengan membawa uang hasil pembayaran,” tuturnya.

Sopir pun tidak bisa berbuat apa-apa, setelah uangnya dibawa kabur pelaku. Ia kemudian melaporkan kejadian itu dengan juragannya, sedangkan juragan beras akhirnya melaporkan kepada pihak kepolisian.

Editor : Kholistiono