Komplotan Penipu Juragan Beras di Pati Terancam Pidana 4 Tahun

Keempat komplotan penipu juragan beras (kiri) diamankan di ruang tahanan Mapolres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Keempat komplotan penipu juragan beras (kiri) diamankan di ruang tahanan Mapolres Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Empat komplotan penipu yang menggelapkan uang hingga Rp 70 juta asal Jawa Timur berhasil ditangkap Tim Buru Sergap Polres Pati. Mereka menipu juragan beras dan membawa kabur uang hasil penjualan beras di UD Noor Jaya, Desa Rogomulyo, Kecamatan Kayen, Pati.

Saat ini, keempatnya mendekam di tahanan Mapolres Pati dan diancam dengan Pasal 378 jo 372 KUHP tentang Penipuan dan/atau Penggelapan.

“Mereka terancam pidana maksimal empat tahun penjara. Mereka sempat membagi-bagikan uang hasil penggelapan itu di jalur lingkar selatan (JLS) Pati, sebelum akhirnya kabur ke arah Malang, Jawa timur,” ujar Kapolres Pati AKBP R Setijo Nugroho melalui Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo kepada MuriaNewsCom, Rabu (20/1/2016).

Ia menambahkan, uang hasil penggelapan dibagi secara tidak rata, ada yang menerima Rp 9 juta, Rp 11 juta hingga totalnya sekitar Rp 69,45 juta. Mereka ditangkap Tim Buser saat hendak ke Semarang melalui jalur Purwodadi.

“Kami imbau agar pedagang beras lebih berhati-hati dalam menerima barang. Kenali dulu tengkulaknya, baru proses jual beli dilakukan. Itu untuk mengantisipasi agar terhindar dari penipuan yang merugikan salah satu pihak,” pesannya.

Editor : Kholistiono