Ini Penyebab Tunjangan Tambahan Penghasilan Guru di Jepara Belum Cair

Ilustrasi Guru

Ilustrasi Guru

 

MuriaNewsCom, Jepara – Sekitar 1.160 guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) non sertifikasi di Kabupaten Jepara belum menerima tunjangan tambahan penghasilan sejak bulan Juli 2015 lalu. Hingga Januari ini, informasi terkait tunjangan tersebut masih belum jelas.

Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Maftuh membeberkan, penyebab belum cairnya tunjangan tersebut. Menurut dia, belum cairnya tunjangan itu terjadi lantaran anggaran dari pemerintah belum turun ke daerah. Anggaran yang ada tahun lalu, hanya mampu menutupi tunjangan tambahan penghasilan pada Januari hingga Juni.

“Kami belum tau kapan dicairkan. Karena memang dari pusat juga belum ada informasi yang jelas,” kata Maftuh, Rabu (20/1/2016).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kebutuhan anggaran untuk tunjangan tambahan penghasilan bagi guru PNS non sertifikasi pada tahun 2015 totalnya mencapai Rp 3,5 miliar lebih. Sementara, sisa anggaran tahun 2014 untuk tunjangan itu hanya Rp 1,5 miliar. Sementara dari pemerintah baru terkucur Rp 800 juta. Jadi hanya cukup untuk setengah tahun.“Dengan demikian, masih ada tunggakan sekitar Rp 1,2 miliar,” jelas dia.

Menurutnya, karena terkait dengan anggaran dari pusat, pihaknya belum dapat memastikan kapan tunjangan yang besarnya Rp 250 ribu/bulan dari pemerintah itu akan dicairkan. Berbagai upaya untuk meminta tambahan anggaran pada pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan dan Kemenetrian Pendidikan tak membuahkan hasil. Sementara, Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) tahun ini belum rampung.

“Dengan kondisi ini, kami minta guru-guru untuk bersabar dulu. Tahun ini sudah kami ajukan lagi ke pemerintah,” kata Ali.

Editor : Kholistiono