Tak Punya Ijazah S1, Jangan Khawatir Tak Bisa Kerja

Petugas Dinsosnakertrans Jepara melayani para pencari kerja yang hampir setiap hari selalu ramai. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Petugas Dinsosnakertrans Jepara melayani para pencari kerja yang hampir setiap hari selalu ramai. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan untuk mencari kerja harus memiliki ijazah pendidikan tinggi. Padahal faktanya, lowongan pekerjaan tak melulu harus berpendidikan tinggi. Bahkan, mayoritas lowongan kerja hanya mensyaraktkan ijazah tingkat SMA saja, selebihnya juga ada yang cukup ijazah SMP maupun SD saja.

“Untuk ijazah sarjana malah sedikit. Lowongan pekerjaan justru didominasi untuk ijazah SMA, kemudian SMP dan SD. Justru yang ijazah S1 maupun DIII sedikit sekali,” ujar Kepala Dinsosnakertrans Jepara M Zahid melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Pentatrans) M Subkhan kepada MuriaNewsCom, Kamis (14/1/2016).

Menurutnya, hal itu terlihat dari data tahun 2015 lalu. Selama setahun, untuk pendidikan pencari kerja di Dinsosnakertrans tertinggi didominasi ijazah SMA dengan jumlah 397, kemudian SMP sebanyak 340, kemudian SD sebanyak 227. Sedangkan untuk lulusan S1 maupun DIII hanya sekitar 17 saja.

”Dengan data tersebut terlihat masyarakat yang tidak memiliki ijazah pendidikan tinggi tak perlu khawatir mendapatkan pekerjaan,” kata Subkhan.

Dia menambahkan, untuk data pencari kerja selama setahun lalu masih didominasi pencari kerja berjenis kelamin perempuan. Dari jumlah total pencari kerja tahun 2015 yakni 6.871, 4.846 merupakan perempuan dan selebihnya yakni 2.025 laki-laki.

”Sementara ini lowongan kerja yang masih banyak memang di sektor industri garmen. Sebab, perusahaan garmen membutuhkan ribuan tenaga kerja, dan sampai saat ini mereka masih kesulitan mencari tenaga kerja,” imbuhnya. (WAHYU KZ/TITIS W)