Awal Tahun, Pencari Kerja di Jepara Membeludak Capai 560 Orang Lebih

Seorang petugas Dinsosnakertrans Jepara tengah melayani para pencari kerja. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Seorang petugas Dinsosnakertrans Jepara tengah melayani para pencari kerja. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Sejak memasuki Januari tahun 2016 hingga pertengahan Januari ini banyak masyarakat Jepara yang mencari pekerjaan. Hal itu terlihat dari banyaknya pencari kerja yang terdata oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jepara. Dari data yang telah masuk, mulai 2 Januari 2016 sampai hari ini ada 560 orang lebih.

Kepala Dinsosnakertrans Jepara M Zahid melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Pentatrans) M Subkhan mengemukakan, pencari kerja melalui permintaan kartu kuning ke Dinsosnakertrans memang terus bertambah dari hari ke hari.

”Di awal tahun 2016 ini sudah ada 560 pencari kerja lebih yang masuk ke sini. Masih ada data yang belum dimasukkan ke dalam data karena hari ini juga masih ada beberapa pencari kerja yang masuk,” ujar Subkhan kepada MuriaNewsCom, Kamis (14/1/2016).

Menurut dia, dari jumlah tersebut didapatkan sejak tanggal 2 Januari karena tanggal 1 Januari adalah hari libur. Sedangkan jumlah tersebut tidak hanya pencari kerja yang datang langsung ke kantor Dinsosnakertrans. Sebagian merupakan pencari kerja lewat sistem online.

”Untuk yang mencari kerja melalui sistem online sampai saat ini ada 134 orang. Jumlah 560 itu sudah termasuk yang mencari kerja lewat online di Dinsosnakertrans. Di luar itu diyakini masih banyak lagi pencari kerja yang tidak melalui sini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini untuk lowongan pekerjaan yang ada di Kabupaten Jepara masih didominasi pekerjaan di sektor garmen. Hal ini tidak lepas dari sejumlah perusahaan baru di bidang garmen yang membutuhkan ribuan tenaga kerja. (WAHYU KZ/TITIS W)