Ini Kiat DPPKAD Grobogan Dalam Mendongkrak Pendapatan Pajak Daerah

 

Salah seorang staf DPPKAD Grobogan sedang menunjukkan cara pengoperasian aplikasi untuk mengurus pajak daerah.(MuriaNewsCom/Dani Agus)

Salah seorang staf DPPKAD Grobogan sedang menunjukkan cara pengoperasian aplikasi untuk mengurus pajak daerah.(MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Upaya untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah terus dilakukan DPPKAD Grobogan. Salah satunya, dengan menyediakan tempat pelayanan khusus untuk pembayaran pajak daerah.

Tempat tersebut berada di ruang lobi lantai I kantor DPPKAD yang berlokasi di Jl S Parman Purwodadi. Ruang pelayanan masalah pajak daerah yang cukup representatif ini baru difungsikan awal Januari 2016.

“Adanya ruang pelayanan khusus ini saya rasa cukup bagus. Sebab, kalau mau ngurus pajak tidak perlu repot ke beberapa ruangan seperti sebelumnya,” kata Hartono, salah seorang warga Kuripan yang mau membayar pajak disitu.

Disamping itu, warga yang mau mengurus berkas pajak daerah juga mendapatkan kemudahan. Soalnya, dilokasi itu disediakan monitor khusus yang berisi aplikasi masalah pajak daerah.

Sementara itu, Kepala DPPKAD Grobogan Moh Sumarsono menyatakan, tempat khusus itu memang disediakan dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih cepat dan nyaman bagi wajib pajak.

Diharapkan, adanya tempat khusus itu secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan pendapatan pajak daerah.

Dalam tempat pelayanan tersebut, warga bisa membayar beberapa pajak daerah. Seperti, pajak hotel, restoran/katering, hiburan, golongan C, penerangan jalan umum (PJU), air tanah dan sarang burung walet. Kemudian, masalah PBB dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) juga bisa dilayani disitu.

“Selain tempat pelayanan, kami juga sediakan ruangan tersendiri untuk konsultasi. Jadi, kalau ada wajib pajak yang butuh penjelasan lebih lanjut atau mengalami kesulitan masalah pajak akan kita sediakan waktu dan ruangan untuk konsultasi,” jelasnya. (DANI AGUS/KHOLISTIONO)