Hanya Rp 80 Ribu Sudah Bisa Tinggal di Rumah di Jepara

Bangunan Rusunawa Blok C di jalan Kiai Mojo, Kelurahan Jobokuto, Jepara Kota, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Bangunan Rusunawa Blok C di jalan Kiai Mojo, Kelurahan Jobokuto, Jepara Kota, Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Mulai Senin (11/1/2016) kemarin, Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Blok C Jepara, yang berada di jalan Kiai Mojo, Kelurahan Jobokuto, Jepara Kota, mulai dihuni. Sampai saat ini masih ada rumah yang belum dihuni sehingga masih ada kesempatan bagi kamu yang ingin tinggal di sana.

Kepala UPT Pengelola Rusunawa pada Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan (Ciptaruk) Jepara, Daroji membeberkan harga sewa untuk rumah di rusunawa tersebut.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jepara Nomor 6 tahun 2010 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah, tarif rusunawa untuk lantai satu dan sebesar Rp 130.000 per bulan untuk satu rumah, untuk lantai tiga sebesar Rp 110.000 per bulan, lantai empat tarifnya Rp 90.000 per bulan, dan lantai lima tarifnya Rp 80.000 per bulan.

“Itu belum termasuk biaya untuk listrik dan air. Kalau untuk listrik dan air biasanya kalau pemakaian normal itu Rp 40.000 setiap bulannya,”terang Daroji.

Luas ruangan untuk setiap rumah susun tersebut berukuran 4X6 meter. Dalam satu rumah ada satu ruang tamu, satu kamar tidur, satu dapur, satu kamar mandi dan ada ruang kecil untuk tempat cuci pakaian.

Dia menambahkan, untuk persyaratan pengajuan mendapatkan rusunawa yang terutama adalah harus warga asli Jepara dan sudah menikah, untuk janda ataupun duda harus dilengkapi dengan lampiran dari instansi terkait. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)