Ratusan Guru MI di Blora Dilatih Pola Pembelajaran yang Inovatif

Guru MI di Kabupaten Blora sedang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Guru MI di Kabupaten Blora sedang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

BLORA – Sebanyak 140 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Blora diberikan pelatihan mengenai pola pembelajaran yang inovatif. Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung pada 11-14 Januari ini, dilaksanakan di MIN Polosorejo dan Aula MTs Hasanuddin Blora.

Ketua Panitia Agus Purnadi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, sehingga dalam memberikan pembelajaran terhadap peserta didik, bisa lebih berkualitas dan mampu dengan mudah diserap anak.

“Kegiatan ini bagian program kerja Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Blora. Khusus untuk kegiatan ini, kita dibantu USAID Prioritas. Yakni, program yang didanai USAID, dirancang untuk meningkatkan kualitas akses pendidikan dasar di Indonesia,” katanya.

Katanya, ada beberapa poin yang diberikan kepada guru dalam pelatihan tersebut. Di antaranya, agar nantinya guru bisa menerapkan pola pembelajaran yang kreatif, aktif, dan menyenangkan. Bukan hanya sekadar teori saja, namun, guru yang mengikuti pelatihan ini juga disuruh untuk mempraktikkan secara langsung dihadapan fasilitator atau narasumber.

Sementara itu, Kepala Kemenag Blora Tri Hidayat menyampaikan, jika kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan pembekalan bagi guru madrasah, agar lebih inovatif.

“Guru sekarang harus menyenangkan dan menggembirakan ketika memberikan pelajaran, sehingga anak berangkat ke sekolah tidak karena terpaksa, tetapi karena semangat dan kemauannya sendiri. Dengan seperti itu, anak-anak akan mudah menyerap materi pelajaran yang di ajarkan,” jelasnya.(RIFQI GOZALI/KHOLISTIONO)