6 Fakta Unik dan Mitos Tentang Buah Kawis

Buah kawista

Buah kawista

 

REMBANG – Buah Kawis alias Kawista mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Pasalnya, popularitas buah ini masih kalah mentereng dibandingkan dengan buah lainnya.

Namun, bagi warga Rembang tentu saja sangat akrab dengan buah yang satu ini. Bahkan, Kawis menjadi buah kebanggaan bagi masyarakat yang berada diujung timur Provinsi Jawa Tengah itu.

Berikut 6 fakta dan mitos tentang buah Kawis yang disajikan MuriaNewsCom dari berbagai sumber.

 

  1. Diklaim Sebagai Buah Khas Kabupaten Rembang

Buah yang tergolong langka di Indonesia ini, tumbuh alami di daerah Kabupaten Rembang. Sehingga buah Kawis diklaim menjadi buah khas Rembang. Namun buah Kawis tidak hanya tumbuh di Rembang saja, di beberapa daerah di Indonesia juga ada seperti di Pati, Tuban, Karawang, Madura, Bima, dan Bali.

  1. Menjadi Maskot Pilkada 2015 Rembang

Buah Kawis pernah menjadi Maskot Pilkada Kabupaten Rembang, yakni pada pilkada serentak Desember 2015 kemarin. Buah Kawis dipilih Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menjadi maskot pilkada, karena merupakan buah khas Rembang dan sebagai ikon jati diri kota tersebut.

  1. Jika Tersedak, Tinggal Menaruh Kulitnya di Atas Kepala

Hal lain mengenai buah ini adalah sebuah mitos yang mengatakan bahwa jika tersedak atau keselek ketika memakan buah kawis, maka orang yang keselek diharuskan menaruh kulit Kawis di atas kepala orang itu. Anehnya, keselek pun akan sembuh, bahkan sebelum meminum air seperti yang biasa dilakukan pada orang yang keselek.

  1. Sirup Kawis Dijuluki “Cola Van Java”

Beragam cara bisa dilakukan untuk menikmati buah Kawis, salah satunya dengan dijadikan dalam bentuk sirup. Sentra produsen sirup Kawis berada di Rembang. Masyarakat internasional biasa menyebut sirup tersebut dengan julukan “Cola Van Java”. Begitu dituang ke dalam segelas air akan muncul gelembung-gelembung dan ada sensasi mengigit di lidah layaknya minuman bersoda.

  1. Dipercaya Dapat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Buah yang memiliki kulit keras ini juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit. Di antaranya, yaitu menurunkan sakit panas, menyembuhkan sakit perut, mencegah gangguan hati, mengatasi mual-mual, dan mengembalikan stamina yang drop.

  1. Diyakini Berasal Dari India Selatan

Kawis diyakini berasal dari India selatan yang menyebar hingga ke Asia Tenggara. Tanaman ini menyebar dan tumbuh alami di daerah Srilanka, Myanmar, Malaysia, dan Indonesia terutama di wilayah Kabupaten Rembang. (AHMAD WAKID/KHOLISTIONO)