5 Julukan Kota Kudus yang Unik dan Menarik

Menara Kudus .(WIKIPEDIA)

Menara Kudus .(WIKIPEDIA)

 

KUDUS – Tidak banyak orang tahu bahwa Kabupaten Kudus mempunyai julukan lebih dari satu. MuriaNewsCom mengumpulkan dari sumber yang diolah, akhirnya menemukan nama-nama julukan itu.

Kabupaten Kudus memiliki beberapa julukan yaitu:

1. Kota Semarak
Kudus memiliki semboyan “Semarak”, kependekan dari “Sehat, Elok, Maju, Aman, Rapi, Asri, dan Konstitusional”, sebagai slogan pemeliharaan keindahan kota

2. Kota Santri
Karena banyak yang menjadi santri di Kabupaten Kudus. Kabupaten ini juga menjadi pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan dengan landmark Masjid Menara. Hal itu dapat dilihat dari terdapatnya lima makam yaitu Kiai Telingsing, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu, Syeh Syadzili.

3. Kota Kretek
Karena Kudus terdapat banyak pabrik rokok di antaranya: Djarum, Sukun, Jambu Bol, dan lainnya. Bahkan jumlah warga lokal yang kerja di pabrik rokok amat fantastis.

4. Kota Jambu Bol
Kota Kudus sangat terkenal dengan hasil pertanian jambunya terutama Jambu bol, bahkan jambu bol menjadi flora identitas resmi Kabupaten Kudus.

5. Jerusalem van Java
Masjid Menara Kudus terdapat batu dari daerah Yerusalem (Palestina) yang batu tersebut dibawa oleh Sunan Kudus, oleh karena itu masjid yang dibangun Sunan Kudus diberi nama Masjid Al-Aqsa seperti Masjid yang berada di Yerusalem. (AKROM HAZAMI)