Intensitas Hujan Tinggi, Gangguan Listrik Bakal Terjadi

Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik di Jepara belum lama ini. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik di Jepara belum lama ini. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Beberapa hari terakhir ini diperkirakan sebagian wilayah di Kabupaten Jepara terjadi mati listrik. Ya, sejak intensitas hujan meninggi, ancaman listrik byarpet pun terjadi. Sebab, selain rentan terjadi kerusakan pada jaringan akibat terkena petir, juga bisa terjadi kerusakan ketika kabel jaringan tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang.

Manajer PT PLN Rayon Jepara, Sunoto menjelaskan, intensitas hujan yang mulai meninggi disertai angin dan petir. Hal itu tentu mengakibatkan potensi gangguan jaringan listrik di Jepara. ”Kasus jaringan listrik tersambar petir bahkan sudah terjadi sekitar sebulan yang lalu di wilayah Welahan,” katanya.

Menurutnya, potensi gangguan jaringan listrik selama musim hujan di Jepara memang tinggi. Meski di tiap jaringan listrik sudah dipasang penangkal petir, tapi kerusakan jaringan tetap ada. ”Untuk perbaikan, bisa dilakukan cepat. Tapi tergantung jenis kerusakannya. Bisa juga lama jika sambaran petir merusak instalasi,” terang dia.

Dia menjelaskan, selain kerusakan bisa diakibatkan sambaran petir, gangguan juga diakibatkan rimbunnya dahan pohon di sejumlah jaringan listrik. Di musim hujan potensinya kian besar sebab kondisi dahan pohon yang basah. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat berperan aktif dengan memangkas dahan pohon yang sudah hampir menyentuh jaringan kabel transmisi.

Selain itu, masyarakat diharapkan juga tidak membangun rumah atau bangunan lainnya yang dekat dengan jaringan listrik. (WAHYU KZ/TITIS W)