Gangguan Listrik? Laporkan Saja ke PLN

PLN

 

JEPARA – Seiring dengan intensitas hujan yang mulai meninggi diawal tahun 2016 ini, potensi mati listrik pun ikut meninggi. Untuk itu, masyarakat diharapkan melapor jika terjadi gangguan listrik, terutama jika ada kabel jaringan listrik yang putus.

”Jika ada gangguan jaringan, kami harap masyarakat segera melapor. Serta melakukan sterilisasi area jika ada kabel transmisi yang putus hingga didatangi oleh petugas PLN,” ujar Manajer PT PLN Rayon Jepara, Sunoto kepada MuriaNewsCom.

Menurut dia, sebagai upaya tindakan preventif, sebenarnya PLN tahun 2015 kemarin sudah melakukan proses peremajaan di sejumlah jaringan listrik. Peremajaan tersebut merupakan perawatan rutin dengan menyempurnakan jaringan yang belum sempurna, dan mengganti jaringan dan instalasi yang sudah tua.

Menurutnya, potensi gangguan jaringan listrik selama musim hujan di Jepara memang tinggi. Meski di tiap jaringan listrik sudah dipasang penangkal petir, tapi kerusakan jaringan tetap ada.

”Untuk perbaikan, bisa dilakukan cepat. Tapi tergantung jenis kerusakannya. Bisa juga lama jika sambaran petir merusak instalasi,” terang dia.

Dia menjelaskan, selain kerusakan bisa diakibatkan sambaran petir, gangguan juga diakibatkan rimbunnya dahan pohon di sejumlah jaringan listrik. Di musim hujan potensinya kian besar sebab kondisi dahan pohon yang basah. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat berperan aktif dengan memangkas dahan pohon yang sudah hampir menyentuh jaringan kabel transmisi. (WAHYU KZ/TITIS W)