Hiii….,Wabah Ulat Bulu di Rembang Makin Meluas

Pohon Jati yang diserang  wabah ulat bulu di tepi Jalan Rembang –Bulu (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

Pohon Jati yang diserang wabah ulat bulu di tepi Jalan Rembang –Bulu (MuriaNewsCom/Ahmad Wakid)

 

REMBANG – Wabah ulat bulu mulai meluas di beberapa wilayah di Kabupaten Rembang. Banyak hutan jati di Rembang yang daunnya habis lantaran dimakan oleh ulat bulu.

Berdasarkan pantauan MuriaNewsCom, banyak pohon jati di Rembang yang berada di hutan maupun di pinggir jalan umum, terlihat daunnya habis dimakan ulat. Merebaknya serangan ulat bulu ini membuat masyarakat Rembang resah.

Salah satunya Yahya Rully Nardo (23) warga Ngadem Kecamatan/Kabupaten Rembang. Dia mengaku resah ketika dalam perjalanan melewati kawasan pohon jati yang diserang ulat bulu. “Kalau di jalan melewati kawasan pohon jati pasti agak geli. Apalagi kalau ada banyak ulat yang menggantung,” ujarnya kepada MuriaNewsCom, Kamis (31/12/2015).

Menurutnya, keberadaan ulat bulu itu tidak hanya ada di lokasi hutan jati saja, namun hampir di setiap pohon Jati. “Seperti pohon jati di pinggir Jalan Rembang-Bulu, banyak pohon jati di kerubuti ulat,” tambahnya.

Sementara Karni (46), warga Desa Terjan, Kecamatan Kragan, Rembang mengaku jika melewati jalan antardesa Terjan ke Sendangmulyo mengaku merasa gatal-gatal karena banyaknya ulat di pohon Jati. “Banyak yang menempel di baju yang saya pakai, kalau sedang lewat di jalan itu,” keluhnya.

Serangan ribuan ulat tersebut, lanjut Karni, sudah berlangsung sejak sepekan terakhir ini. Ulat-ulat jatuh kemudian berkembang dan meluas ke sekitar pepohonan yang lain di kebun bahkan hingga ke jalan dan rumah warga. (AHMAD WAKID/KHOLISTIONO)