Berikut Peristiwa Fenomenal di Jepara Selama 2015 Versi MuriaNewsCom, Apa Saja?

JEPARA – Banyak peristiwa unik, menarik, sekaligus menghebohkan yang terjadi selama 2015 di Jepara. Baik memberikan pembelajaran, maupun berupa informasi penting. Berikut redaksi MuriaNewsCom merangkumnya.

1. Peristiwa pada 24 Januari
Papepung Keberatan Penutupan Karaoke
Paguyuban Pengusaha Pungkruk (Papepung) merasa keberatan dengan keputusan bupati, yang berencana menutup semua usaha karaoke di Kabupaten Jepara, termasuk di Pungkruk.

2. Peristiwa 28 Februari
Toko Modern Membeludak
Wacana pembatasan toko modern yang dikeluarkan Wakil Bupati Jepara Subroto, sampai saat ini belum dilakukan. Bahkan, dari tahun ke tahun keberadaan toko modern semakin membleudak.

3. Peristiwa 10 April
Bupati Ajak Instrospeksi, Upacara Peringatan HUT ke-466 Jepara

Puncak peringatan Hari Jadi ke-466 Jepara dilaksanakan dengan upacara peringatan di Alun-alun Jepara, dan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi bertindak sebagai inspektur upacara, Jumat (10/4).

4. Peristiwa 15 Oktober 2015
Tempat Karaoke Pungkruk dibongkar

Pembongkaran tempat karaoke Pungkruk bikin histeris penghuni. Pengusaha karaoke di
Pungkruk, Desa Mororejo, Mlonggo tak kuasa menahan tangis. Bahkan ada
di antara mereka yang langsung jatuh pingsan.

MuriaNewsCom

MuriaNewsCom

5. Peristiwa 23 Oktober 2015
Gempa Jepara

Gempa terjadi pada Jumat (23/10/2015), sekitar pukul 01.10.20 WIB, di kawasan Semenanjung Muria, Pati, Jepara dan sekitarnya berupa gempat bumi tektonik.

Gempa bumi berkekuatan 5,0 SR ini berpusat di koordinat 6,39 Lintang Selatan dan 110,91 Bujur Timur. Tepatnya pada jarak 26 kilometer arah timur laut kota Jepara pada kedalaman 14 kilometer.

Istimewa

Istimewa

6. 02 Mei
Warga Karimunjawa Masih Dihantui Gelap

Masalah krisis listrik di Jepara belum usai. Selama dua hari terakhir, Pulau Karimunjawa gelap Gulita. Hal ini disebabkan, adanya kerusakan pada komponen listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Karimunjawa.

7. 12 Juni
Perburuan Kimo Meningkat Jelang Lebaran, Polair Jepara Perketat Patroli

Kasus penangkapan ikan maupun biota laut yang dilindungi, cukup banyak di Jepara. Bahkan, salah satu biota laut yakni Kimo, menjadi salah satu buruan yang paling sering dicari nelayan.

8. 10 Juli
Truk Angkut Mebel Senilai Ratusan Juta di Jepara Ludes Terbakar

Truk pengangkut mebel bernomor polisi B 9153 QK, Jumat (10/7/2015) ludes terbakar. Mebel yang sedianya akan dikirim ke Jakarta itu terbakar saat truk melintas di jalan Jepara – Kudus, Desa Rengging, Kecamatan Pecangaan, Jepara, dini hari.

9. 17 Agustus
Merah Putih Sepanjang Setengah Kilometer Dikibarkan Warga Kaliombo Jepara

Warga Desa Kaliombo, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Kemerdekaan. Warga di desa itu bersama-sama mengibarkan bendera merah putih, yang panjangnya mencapai setengah kilometer atau 500 meter.

10. 24 September
Indahnya Toleransi, Warga Non-Muslim di Jepara Juga Kebagian Daging Kurban

Rasa toleransi beragama di Kabupaten Jepara, cukup tinggi. Hal ini setidaknya diperlihatkan umat Islam di Dukuh Puring, Desa Jerukwangi, Kecamatan Bangsri, Jepara, yang membagi kebahagiaan Idul Adha dengan warga nonmuslim.

11. 30 Desember
Ini Bocoran Aturan Karaoke dan Rumah Pijat di Jepara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara saat ini masih getol ingin membatasi peluang terjadinya kemaksiatan di Kota Ukir. Saat ini tempat karaoke yang dituding menjadi salah satu tempat peredaran Miras dan prostitusi terselubung akan diatur dengan ketat. Selain itu tempat atau panti pijat juga demikian. Keduanya tengah digodok oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jepara untuk menjadi aturan yang jelas dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda). (TITIS W)