Begini Cara Desa Karangjati Blora Kian Mempesona

Khumaidi, Lurah Desa Karangjati (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Khumaidi, Lurah Desa Karangjati (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

BLORA – Lurah Karangjati, Blora, Khumaidi berinisiatif untuk meningkatkan perekonomian warganya dari sektor pariwisata. Ia mengungkapkan, bahwa sebelumnya beberapa hal telah ia lakukan guna meningkatkan perekonomian warga. Di antaranya bekerjasama dengan dinas terkait seperti Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UMKM (Disperindagkop UMKM) untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada warganya. Selain itu juga dengan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos).

Dengan adanya Embung Rowo di Desa Karangjati tentunya membuatnya berkeinginan akan meningkatkan kualitas ekonomi dari potensi itu, “Akan dikembangkan potensi pariwisatanya,” ungkapnya kepada MuriaNewsCom (31/12/2015).

Sampai saat ini embung tersebut sudah selesai pengerukannya, direncanakan pada akhir 2016 sudah bisa diresmikan sebagai tempat wisata. Ia juga menambahkan bahwa di area embung tersebut akan diberi fasilitas berupa taman bermain, sarana hiburan, dan pemancingan. “Ada juga tempat untuk warga berjualan di sekitar,” ujarnya.

Dari beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas warganya dengan beberapa pelatihan keterampilan, yang dalam hal ini bekerjasama dengan dinas terkait, ternyata menemui kendala. Dalam penuturannnya, kendala yang biasa dihadapi adalah dari pemasaran. “Seperti pelatihan pembuatan besek (bakul dari bambu, red) itu saya sulit memasarkan. Dan tentu ada pelatihan-pelatihan lain,” ungkapnya.

Selain kendala pemasaran, ia menambahkan, yakni mengenai sumber daya manusia dan kapasitas pengalaman atas keterampilan yang masih minim. Maka dari itu, Khumaidi akan meningkatkan kualitas ekonomi warganya dari sektor pariwisata. Selain ekonomi warganya terangkat, Karangjati juga memiliki ciri khas tersendiri dengan adanya tempat wisata. (RIFQI GOZALI/AKROM HAZAMI)