Tempat Karaoke Jepara Dilegalkan, Asal….

Suasana di salah satu tempat karaoke di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Suasana di salah satu tempat karaoke di Jepara. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Bagi Anda yang hobi nyanyi, kini di Jepara tempat karaoke dilegalkan. Setelah sebelumnya terjadi silang pendapat antara Pemkab Jepara dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), terkait pelarangan karaoke di Kota Ukir.

Akhirnya, Pemkab Jepara menegaskan bahwa karaoke akan dilegalkan. Hanya, pelegalan tersebut hanya sebatas untuk bernyanyi saja. Saat ini, DPRD Jepara telah memasukkan sejumlah aturan tentang karaoke di dalam draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Dalam pembahasannya, Pemkab Jepara sebagai eksekutif pun dilibatkan. Meski Ranperda tersebut sedianya disahkan dalam rapat Paripurna, Rabu (30/12/2015) ini, namun diundur.

“Setelah melihat dan mendengar berbagai aspirasi masyarakat pascapembongkaran karaoke di Pungkruk lalu, Pemerintah Kabupaten Jepara akan melegalkan Hiburan Karaoke. Dengan catatan hanya sebatas untuk bernyanyi,” ujar Sekretaris Daerah Sekda Jepara Sholih.

Menurutnya, saat ini segenap peraturan yang membatasi keberadaan aktivitas karaoke ke depan tengah digodok di DPRD. Di samping itu di DPRD juga tengah dibahas tentang segenap aturan tentang keberadaan rumah pijat kesehatan. Untuk itu, lanjutnya, diharapkan kepada segenap lapisan masyarakat dapat memberikan masukan, saran ataupun menanyakan kejelasan pembahasan kedua hal tersebut langsung di DPRD Jepara.

“Karaoke sebagai salah satu kebutuhan hiburan masyarakat nantinya akan diberikan ruang dan aturan secara khusus, tidak dibebaskan sebebas-bebasnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, demikian halnya dengan keberadaan rumah pijat yang menjadi salah satu alternatif kesehatan. Karena merupakan kebutuhan dan agar jangan sampai salah arah dan tujuan maka perlu adanya atruran dan pembatasan-pembatasan. (WAHYU KZ/AKROM HAZAMI)