Songsong Tahun Baru, Ribuan Ibu-ibu di Pati Akan Doakan Keselamatan Gunung Kendeng

Kondisi pegunungan Kendeng saat musim kemarau tahun 2015. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Kondisi pegunungan Kendeng saat musim kemarau tahun 2015. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Sedikitnya 2.016 ibu-ibu dari wilayah pegunungan Kendeng dijadwalkan akan berkumpul di Omah Sonokeling, Minggu (27/12/2015) mendatang. Mereka akan menggelar doa bersama dalam rangka keselamatan Gunung Kendeng pada 2016 dan tahun-tahun berikutnya.

“Saat kami ingin menanam lebih dari seribu pohon di sana, kami bertemu dengan warga yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK). Kami sepakat bahwa sebelum pohon ditanam, kami bersama warga JMPPK dan 2.016 ibu-ibu yang tinggal di wilayah Gunung Kendeng akan mengadakan doa bersama untuk keselamatan Gunung Kendeng,” kata Koordinator Kumpulan Anak Asli Pati (KAAP) Nashiruddin kepada MuriaNewsCom, Kamis (24/12/2015).

Ia mengatakan, jumlah 2.016 ibu-ibu yang akan hadir dalam doa bersama tersebut menjadi simbol agar Gunung Kendeng diselamatkan Tuhan dari marabahaya pada tahun 2016. Doa dinilai menjadi ikhtiar batin bagi penduduk setempat untuk menjaga Kendeng supaya tetap aman, damai dan tentram, baik dari segi lingkungan maupun masyarakatnya.

“Doa menjadi bagian dari revolusi mental yang dicanangkan pemerintah. Doa juga menjadi bentuk usaha batin kami agar Gunung Kendeng tetap selamat dan lestari, sedangkan tanam pohon menjadi sebuah ikhtiar lahir,” pungkasnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)