Hebat ! Kejari Rembang Terbaik di Indonesia Dalam Upaya Pemberantasan Korupsi

Ilustrasi Kejari Rembang

Ilustrasi Kejari Rembang

 

REMBANG – Prestasi membanggakan diraih oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Rembang. Tak tanggung-tanggung, Kejari Rembang menyabet predikat sebagai Kejari Tipe B terbaik pertama se- Indonesia dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Rembang Eko Yuristianto. Menurutnya, prestasi tersebut sangat membanggakan. Apalagi ini merupakan kali pertama penghargaan prestisius itu disabet oleh Kejari Rembang. “Menggembirakan karena belum tentu kejari lain bisa melakukannya,” katanya.

Selain Kejari Rembang, kata Eko, Kejari Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan Kejari Bajawa di Nusa Tenggara Timur menjadi kejari terbaik kedua dan ketiga kategori Kejari Tipe B. Sedangkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah menjadi Kejati terbaik se-Indonesia.

Eko menjelaskan, predikat kejari dengan prestasi terbaik diukur dari kinerja penyidikan, penuntutan, eksekusi, dan penyelamatan kerugian keuangan negara. Selama tahun 2015 ini, pihaknya menyidik 18 kasus korupsi. Jika digabungkan dengan sisa kasus tahun lalu totalnya mencapai 20 kasus. “Rentang waktunya ditentukan dalam satu tahun terakhir. Kami berharap penghargaan ini bisa menjadi pelecut penegakan hukum,” tegasnya.

Meskipun begitu, Eko mengakui penilaian yang sama belum tentu diberikan oleh masyarakat. Disampaikan olehnya, bisa jadi masih ada banyak masalah atau indikasi dugaan tindak pidana korupsi yang perlu cepat ditangani oleh pihaknya. “Memang bisa saja masyarakat menilai ini belum seberapa. Tapi paling tidak, kami sudah menunjukkan kinerja kami sejauh ini,” katanya.
Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Jaksa Agung Prasetyo kepada Kajari Rembang I Wayan Eka Putra di Jakarta, Rabu (16/12/2015) lalu. Seusai menerima penghargaan tersebut, Kajari Rembang langsung terlibat rapat kerja di Jakarta untuk meningkatkan kerja pemberantasan tindak pidana korupsi. (AHMAD WAKID/KHOLISTIONO)