Ini Cara Unik Warga Jekulo Kudus Semarakkan Maulid Nabi

Penyerahan hadiah kepada MTs Wahid Hasyim Jekulo sebagai pemenang lomba rebana. (Foto Panitian JFM)

Penyerahan hadiah kepada MTs Wahid Hasyim Jekulo sebagai pemenang lomba rebana. (Foto Panitian JFM)

 

KUDUS – Ma’hadul Aytam wa Dhu’afa di Desa/Kecamatan Jekulo, Kudus menggelar Jekulo Festival Maulid (JFM). Festival itu guna menyemarakkan datangnya bulan Rabiul Awwal pananggalan Qomariyah atau oleh orang Jawa kebanyakan disebut dengan bulan Maulid (Mulud).

JFM I diselenggarakan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Jekulo. Acara yang berlangsung pada Minggu (13/12/2015) itu, terdiri berbagai kegiatan (lomba) yang digelar dengan melibatkan pelajar mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP/MTs, juga mahasiswa.

”Rabi’ual Awwal (Mulud) salah satu bulan yang sangat istimewa. Sebab, pada bulan ini Rasulullah Muhammad SAW., teladan umat Islam di muka bumi ini, dilahirkan,” ujar Mohammad Mujab, ketua panitia JFM.

Karena itu, serangkaian kegiatan yang digelar dalam JFM, bertujuan untuk mengenalkan dan memupuk rasa cinta anak-anak dan generasi muda umat Islam, khususnya di Jekulo ini, kepada Nabi dan Rasul panutan mereka. ”Benih-benih cinta kepada Nabi dan Rasul Muhammad SAW, harus ditebar sedini mungkin,” ungkap Mujab yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Yasir, Jekulo, Kudus ini.

Sementara itu, berbagai kegiatan yang digelar Minggu kemarin, yaitu fashion show, baca puisi, dan hijabers contest dengan peserta anak-anak usia TK dan SD. ”Untuk lomba rebana, pesertanya variatif, mulai dari SD, para santri di Jekulo, dan mahasiswa. Acara ini semakin meriah dengan partisipasi masyarakat menggelar panjat pinang,” tutur Mujab. (TITIS W)