Keris Kyai Bismo Diarak Keliling Blora dengan Laku Bisu

 

Keris-Kyai-Bismo

Kirab keris Kyai Bismo keliling Blora. (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

 

BLORA – Keris Kyai Bismo yang merupakan pusaka yang dikeramatkan di Blora, pada Jumat (11/12/2015) dikirab keliling Blora pada pukul 00.00 WIB. Bagi warga Blora keris Kyai Bismo disimbolismekan memiliki aura positif yang bisa melindungi keselamatan seluruh warga Blora. Hal itu tentu saja tidak terlepas dari permohonan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Uniknya, keris Kyai Bismo dikirab dengan jalan kaki serta laku bisu (tidak diperbolehkan bicara). Tradisi yang dilakukan tahunan dalam rangka hari jadi Blora selalu menarik perhatian warga untuk menyaksikan ritual itu. Terlihat dari antusias warga yang memadati samping kanan kiri jalan yang dilalui oleh rombongna kirab.

Rute kirab diawali dari pendapa rumah dinas Bupati dan berakhir di pendapa rumah dinas Bupati, melewati jalan RA Kartini, dr Soetomo, Tentara Pelajar, Sumodarsono, Kolonel Sunandar, Nusantara, KH Ahmad Dahlan, dan Jalan Abu Umar.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Slamet Pamuji, melalui Kepala Bidang Kebudayaan Suntoyo, mengatakan laku bisu atau mengarak keris Kiyi Bismo tidak diperbolehkan bicara denga peserta lainnya dikarenakan hanya untuk berdoa kepada Tuhan YME. Ritual ini juga sebagai penyambutan hari jadi Blora ke 266, yaitu 11 Desember.

“Tidak diperbolehkan bicara, hanya untuk berdoa kepada Tuhan YME, agar Blora menjadi semakin baik juga diberi keselamatan dan dijauhkan dari bencana,” tuturnya.

Sebelum kirab dimulai, diawali dengan prosesi serah terima keris Kiyi Bismo oleh Pj Bupati Blora kepada Plt Sekda Sutikno Slamet yang dipercaya untuk membawa keris pusaka pada saat kirab.

Peserta kirab yakni, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), penganut aliran kepercayaan, kelompok penganut Sikep Samin Blimbing Sambongrejo, kelompok penganut Sikep Samin Karangpace Klopoduwur, sejumlah tokoh agama, dan tokoh masyarakat. (RIFQI GOZALI/TITIS W)