Pisang Unik, Panjangnya Mencapai 2 Meter

Pisang seribu milik Fathur Rodli yang panjangnya mencapai dua meter lebih (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Pisang seribu milik Fathur Rodli yang panjangnya mencapai dua meter lebih (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

KUDUS – Tidak seperti buah pisang pada umumnya, pisang yang satu ini mungkin bisa membuat anda cukup terkejut akan buah serta panjangnya. Pohon pisang sewu (pisang seribu) namanya.

Disebut dengan nama tersebut, karena bentuknya unik dan memiliki buah pisang dalam jumlah banyak serta tandannya bisa memiliki panjang hingga dua meter lebih.

Pisang seribu milik Fathur Rodli, warga Desa Getassrabi RT 6 RW 1 Kecamatan Gebog,Kudus menjadi hiburan tersendiri ketika setiap orang yang melihatnya. Tak jarang banyak yang mampir untuk sekadar memegang atau mengabadikan pohon pisang yang memiliki tandan sepanjang dua meter lebih ini.

Jika pada umumnya pisang hanya memiliki 7-8 tandan, namun pisang seribu ini memiliki tandan yang panjang serta sulit menghitung berapa jumlah buahnya.

“Kalau ratusan sisir ada, dan dilihat dari pisang yang sudah muncul masih muda, serta jantung pisang yang masih terus berbuah, maka kemungkinan besar akan sampai tanah bahkan lebih,” kata Fathur kepada MuriaNewsCom.

Katanya, tidak hanya sekadar melihat saja, namun, banyak warga yang menginginkan memiliki pisang tersebut. Namun karena pisang masih hijau dan muda, maka pemilik tidak dapat memberikan.

Selain itu, benih pisang juga diminati masyarakat. Sayangnya, pisang yang belum bertunas tidak dapat diberikan. Katanya, pisang tersebut diperkirakan sulit memiliki tunas, karena semenjak beberapa tahun memiliki pisang unik itu, belum juga bertunas.”Mungkin nanti kalau sudah masak baru akan bertunas. Namun belum tahu juga pastinya,” ujarnya. (FAISOL HADI/KHOLISTIONO)