Diguyur Hujan, Daerah Bae Kudus Dipenuhi Sampah

Warga Karangdowo, Bae, Membersihkan gorong-gorong yang ada di tepi Kalan Kudus-Muria (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Warga Karangdowo, Bae, Membersihkan gorong-gorong yang ada di tepi Kalan Kudus-Muria (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

KUDUS – Hujan yang mengguyur wilayah Kudus siang tadi, mengakibatkan sebagian jalan di Kudus tergenang air, bahkan jalanan terlihat dipenuhi sampah. Hal ini terlihat di Desa Bae, Kecamatan Bae, tepatnya di Jalan Kudus-Muria.

Rudi Wahyono, warga Desa Bae mengatakan, banyaknya sampah yang ada di wilayahnya tersebut merupakan kiriman dari wilayah Dawe.

“Sampah ini memang dari wilayah Bae. Selain itu, saluran air mulai dari perbatasan Desa Cendono hingga memasuki Desa Bae juga mampet. Sehingga, disaat musim hujan warga Bae selalu disibukkan dengan bersih – bersih sampah yang ada diselokan air,” katanya.

Kemudian, terkait banyaknya sampah yang berada di jalan, katanya, warga sengaja meletakkan sampah-sampah tersebut di jalan. Di mana, sampah itu berasal dari gorong-gorong yang kemudian dibersihkan, dan meletakkan sampah di jalan raya.

“Memang kami sengaja menaruh sampah dari dalam gorong-gorong ke jalan. Supaya pihak terkait, ketika melewati jalan ini bisa menegur para pembuang sampah sembarangan, yang akhirnya kami justru yang mendapatkan sampahnya tersebut. Paling inti ialah, bisa menyediakan bak sampah atau tempat sampah yang layak,” ujarnya.

Hal senada juga sampaikan warga lainnya bernama Heri. Dia mengatakan, kalau pihaknya tidak membersihkan sampah dari gorong-gorong dan sengaja menaruh sampah di jalan, maka pihak terkait atau pemerintah tidak bisa melihat buktinya. “Wilayah ini hanya sebagai tempat penampung sampah saja,” katanya. (EDY SUTRIYONO/KHOLISTIONO)