Tak Perlu ke Jepara Buat Berburu Durian

Pedagang durian Jepara berjajar menjajakan dagangannya di Jalan R Suprapto, Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Pedagang durian Jepara berjajar menjajakan dagangannya di Jalan R Suprapto, Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

GROBOGAN – Bagi penggila durian, sebaiknya tidak perlu pergi jauh-jauh ke Jepara untuk berburu buah kesukaan. Pasalnya, di kota Purwodadi saat ini cukup mudah mencari keberadaan durian dari Jepara.

Tak percaya? Jalan-jalan saja di Jalan R Suprapto. Di sepanjang jalan utama kota Purwodadi ini sedikitnya ada empat penjual durian. Tiga penjual, memasarkan durian menggunakan kendaraan bak terbuka. Satu lagi, ada di tenda yang didirikan di atas trotoar.

”Saya sudah sekitar sebulan jualan di pinggir jalan ini. Semua durian ini saya datangkan dari Jepara,” kata Slamet, salah seorang penjual durian.

Durian yang dipajang di pinggiran jalan itu harganya bervariasi. Mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 150 ribu per biji. Harga ini, tergantung dari besar kecil dan kualitas durian. Harga durian saat ini boleh dibilang masih cukup tinggi. Pasalnya, saat ini belum mencapai puncak musim panen durian. Di beberapa daerah penghasil durian lainnya kabarnya malah belum panen.

”Di daerah Jawa Tengah, baru Jepara yang sudah marak durian. Kalau daerah lainnya, mungkin akhir Desember nanti mulai panen. Kalau di luar Jawa, daerah Lampung sudah panen durian,” kata Lekan, penjual durian lainnya.

Meski bukan sentra durian, namun penggemar buah yang kulitnya berduri tajam di Purwodadi itu cukup banyak. Buktinya, ratusan buah yang dibawa bisa habis terjual dalam beberapa hari saja. Padahal, dalam beberapa waktu terakhir banyak hujan turun. Jika cuaca cerah, durian itu bisa laku lebih cepat. Soalnya, kalau cuaca cerah biasanya banyak pembeli yang makan lesehan.

Selain di Jalan R Suprapto, keberadaan durian biasanya juga bisa didapat di Pasar Buah yang ada di Jalan A Yani Purwodadi. Hanya saja, hingga saat ini, penjual yang ada disana belum banyak yang menyediakan durian buat pelanggannya. (DANI AGUS/TITIS W)