Ini Penjelasan Soal ADD yang Belum Cair

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memberikan pengarahan pada rakor ADD. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi memberikan pengarahan pada rakor ADD. (MuriaNewsCom/Wahyu KZ)

 

JEPARA – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi pada Rakor Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2015 di ruang Rapat I Setda, Senin (30/11/2015) mengemukakan, Camat dan Sekcam dapat memberikan penjelasan dan pengarahan kepada desa agar segera menyelesaikannya, jika masih memungkinkan cair.

”Tetapi manakala tidak memungkinkan, jangan sampai meninggalkan catatan administrasi yang belum terselesaikan. Hal ini penting agar kedepannya tidak terkena persoalan hukum,” Ahmad Marzuqi.

Penekanan juga disampaikan pula oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Sholih. Menurutnya, pada prinsipnya akhir tahun harus dapat selesai. Pertanyaannya, jika tidak cair hingga akhir tahun maka jawabnya adalah akan hilang atau tidak bisa dilaksanakan.

”Selanjutnya jika dana cair namun pembangunan belum selesai maka berdasarkan Perbup dana tersebut harus dikembalikan. ADD hingga akhir tahun tidak selesai, bisa dimasukkan APBD tahun berikutnya yaitu tahun 2016,” kata Sholih.

Dia juga mengemukakan, hal ini bisa dilakukan pada perubahan atau jadi silva dimasukkan dalam APBDes 2016. Namun hal ini hanya berlaku untuk ADD saja. Sementara untuk Dana Desa yang hingga saat ini baru cair sekitar 20 %, mekanisme aturannya sesuai dengan peraturan dari pusat. (WAHYU KZ/TITIS W)