Dongkrak Hasil Pertanian, Petani Pati Diberikan”Rice Transplanter”

 

Jajaran Pemkab Pati tengah melakukan uji coba "rice transplanter" yang diberikan kepada Kelompok Tani Sidomukti (MuriaNewsCom/Lismanto)

Jajaran Pemkab Pati tengah melakukan uji coba “rice transplanter” yang diberikan kepada Kelompok Tani Sidomukti (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

PATI – Sejumlah petani dari Kelompok Tani Sidomukti, Desa Jimbaran, Kecamatan Margorejo, Pati mendapatkan bantuan alat pertanian berupa rice transplanter. Bantuan itu diserahkan Bupati Pati Haryanto melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Pati, Senin (30/11/2015).

Dengan adanya rice transplanter, petani tidak lagi menanam bibit padi di lahan secara manual menggunakan tangan. Dengan begitu, penanaman padi diharapkan bisa efektif dan efisien.

“Teknologi memang semakin canggih. Untuk mempercepat hasil pertanian, kami berupaya memberikan fasilitas berupa rice transplanter. Dengan mesin itu, kami berharap hasil pertanian di Pati bisa terdongkrak. Titik akhirnya untuk menciptakan swasembada pangan,” kata Bupati Pati Haryanto kepada MuriaNewsCom.

Ia menambahkan, gagasan memberikan bantuan berupa rice transplanter berawal dari realitas pertanian di lapangan yang sulit mendapatkan tenaga menanam padi secara tradisional. Sementara itu, produksi pertanian terutama hasil padi terus dituntut.

“Kami akui, tenaga menanam padi secara manual memang semakin susah ditemui. Karena itu, rice transplanter diharapkan bisa membantu petani untuk terus menciptakan swasembada pangan melalui bertani,” tukasnya. (LISMANTO/KHOLISTIONO)