Video – Lagi, Fosil Gading Gajah Purba Ditemukan di Banjarejo

 

GROBOGAN – Selain benda cagar budaya, penemuan fosil hewan purba juga ada di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus. Hari ini, penemuan terbaru berupa fosil gading gajah purba. Fosil yang diperkirakan berusia ribuan tahun itu ditemukan di pekarangan milik Kurdi, warga Dusun Peting, RT 03 RW 5.

Berbeda dengan penemuan benda purba sebelumnya, fosil gading gajah itu ditemukan di lokasi yang dangkal. Kedalaman dari tanah hanya sekitar 50 cm. Meski demikian, selama ini pemilik lahan belum pernah menyentuh benda langka tersebut saat mencangkul di pekarangannya.

Penemu benda purbakala itu adalah Kaur Kesra Dusun Kuwojo Budi Setyo Utomo. Dari informasi yang diterima, salah satu perangkat Desa Banjarejo itu memperkirakan jika di pekarangan tersebut ada benda purba.

Pada Selasa (17/11/2015) sore Budi dibantu beberapa warga mencoba membuktikan kebenaran informasi yang didapat tersebut. Setelah menggali 50 cm, mulai terlihat ada bongkahan seperti batu. Selanjutnya, penggalian tanah dilakukan secara manual dengan memakai tangan hingga akhirnya terlihat wujud benda seperti bentuk gading gajah.

”Karena kemarin sudah agak gelap maka pengangkatan fosil ini terpaksa kita hentikan. Setelah berkoordinasi dengan Pak Kades, baru pagi ini fosil ini bisa kita angkat,” kata Budi. (DANI AGUS/TITIS W)