Video – Dalam Long March JMPPK Rencana Singgah di Makam Sunan Kalijaga Demak

 

KUDUS – Koordinator lapangan jaringan masyarakat peduli pegunungan kendeng (JMPPK) Pati, Gunretno berharap pada majelis hakim bisa memutus gugatan warga terhadap pembangunan pabrik semen dengan seadil-adilnya, pada sidang ke 27 yang digelar Selasa (17/11/2015).

”Saya harap majelis hakim bisa memutus gugatan ini dengan adil. Mereka juga harus bisa tahu dan paham kondisi lapangan pegunungan Kendeng itu seperti apa, jika pabrik semen itu didirikan,” kata Gunretno.

Dalam aksi long march menuju PTUN Semarang dalam menghadapi putusan tersebut, pihak JMPPK memilih tempat singgah untuk menjalankan doa bersama. Seperti halnya makam Mbah Gareng di Undaan Lor, Kudus, serta makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak.

”Untuk wilayah Undaan memilih di makam Mbah Gareng. Kemudian, sesampainya di Demak langsung kita mampir ke makam Sunan Kalijaga,” paparnya.

Gunretno melanjutkan, setelah menggelar doa bersama di makam Sunan Kalijaga, pada Senin malam pihaknya menjadwalkan untuk bermalam di museum Ronggo Warsito, Semarang. Sehingga Selasa pagi (17/11/2015) pihak JMPPK bisa mendengar langsung putusan hakim PTUN Semarang pada sidang ke 27 kali ini.

Kegiatan long march ini juga bukan hanya diikuti oleh JMPPK dari wilayah Pati saja. Namun dari kabupaten lainnya. Di antaranya Kudus, Rembang, Blora, Grobogan.

”Kami harap kegiatan ini bisa membuahkan hasil yang baik untuk kita, warga Kendeng dan sekitarnya,” terangnya. (EDY SUTRIYONO/TITIS W)