Kresek Juga Gaet Komunitas Lain untuk Ikut Kumpulkan Sampah

komunitas kresek (2) e

Beberapa orang yang gergabung dalam Komunitas Kresek (MuriaNewsCom/Ayu Khazmi)

 

KUDUS – Aksi sekelompok anak muda dalam menjaga lingkungan dari banyaknya sampah yang terbuang sembarangan menjadi hal menarik. Pentingnya kesadaran membuang sampah ditempatnya tersebut menjadi alasan utama Komunitas Kreasi Sampah Ekonomi Kota (Kresek) turun ke lapangan langsung. Bahkan komunitas tersebut juga menggaet komunitas lain untuk ikut serta.

Faesal Adam, Ketua Komunitas Kresek mengatakan, beberapa komunitas juga pernah diajak berkontribusi bersama membersihkan sampah yang berserakan, diantaranya Komunitas Berbagi Nasi, dan Pecinta Alam Muria. “Semakin banyak yang ikut, maka semakin banyak sampah yang terkumpulkan serta semakin banyak pula orang yang peduli dengn kebersihan,” katanya

Hebatnya lagi, komunitas yang berdiri sejak September 2015 lalu sudah mulai ngantongi SK resmi dari Lembaga Lingkungan Hidup. Hingga saat ini,Komunikasi Kresek memiliki dua basecamp sebagai tempat berkumpul dan mengadakan kegiatan lain. “Kita punya basecamp di Melati dan di Tanjung Karang. Disana kita sering lakukan sharing dan mendaur ulang sampah yang kita kumpulkan,” imbuhnya pada MuriaNewsCom.

Harapannya, kegiatan yang digadang oleh para pemuda tersebut dapat memotivasi serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dari sampah. “Memang terlihat sepele, namun kenyataannya memang kebiasaan membuang sampah sembarangan sulit sekali dihilangkan. Semoga dapat saling menginspirasi untuk hidup sehat,” pungkasnya. (AYU KHAZMI/KHOLISTIONO)